Share

TOP FOOD 1: 3 Tips Memilih Semangka Bagus

Devi Setya Lestari, Okezone · Senin 30 Mei 2016 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 298 1401758 top-food-1-3-tips-memilih-semangka-bagus-1q3hMniz4d.jpg Tips memilih semangka yang bagus (Foto: Boldsky)
A A A

SEMANGKA adalah satu buah tropis yang banyak dijadikan andalan untuk mengusir haus. Kandungan air yang tinggi dan ukuran buahnya yang besar membuat semangka bisa disantap bersama-sama dengan berbagi.

Semangka yang akan dikerubungi pastilah yang manis dan terlihat menggoda. Dilansir dari AllRecipe, berikut tips yang bisa digunakan sebagai panduan sebelum membeli semangka.

Beratnya

Semangka yang tua dan matang sempurna akan memiliki bobot yang berat. Hal ini dikarenakan semangka matang mengandung air tak kurang dari 92 persen. Jika ada semangka yang memiliki bobot kurang berat atau justru cenderung ringan maka Anda patut curiga karena semangka yang ringan menandakan sudah terlalu tua sehingga kandungan airnya sudah menyusut dan menjadi bertepung di bagian dagingnya.

Corak kuning

Kulit semangka memiliki warna hijau tua namun cerah, garis-garis corak kuning juga terlihat menghiasi kulit semangka. Warna kuning pada kulit semangka menandakan buah sudah ranum dan matang sempurna, jika corak kuning ini masih berwarna putih atau masih hijau muda itu menandakan semangka masih mentah atau kurang matang saat dipanen. Jangan memilih semangka yang terlihat retak, memar atau bintik-bintik kasar di permukaan kulitnya.

Ketuk semangka

Semangka matang bisa ditandai dengan cara mengetuknya. Semangka matang jika diketuk perlahan dengan tangan akan terdengar suara berongga, sebaliknya jika semangkanya busuk atau sudah terlalu matang makan suara khas tidak akan terdengar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini