Share

Ratusan Koperasi Mati Suri

Koran SINDO , Jurnalis · Senin 30 Mei 2016 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 320 1401229 ratusan-koperasi-mati-suri-GkwIbqB16g.jpg Ilustrasi: Reuters
A A A

MARTAPURA - Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Penanaman Modal Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Yuniati menegaskan, dari 423 unit koperasi yang ada di kabupaten ini, lebih dari separuhnya mati suri maupun tidak aktif sama sekali.

Dirinya mengaku jika pihaknya telah melakukan pendataan sehingga didapat sebanyak 423 koperasi yang tersebar di wilayah OKU Timur.

“Koperasi yang aktif hanya 200 unit. Ada juga yang tidak mengumpulkan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sehingga tidak terdata aktivitasnya,” katanya.

Dia mengatakan koperasi yang tidak aktif maupun mati suri kebanyakan koperasi yang sudah dibentuk sejak OKU Timur belum ada maupun masih tergabung dalam OKU. Karena itu hingga sekarang ini nama koperasinya masih terdaftar namun pengurusnya sudah tidak adalagi.

"Banyak koperasi yang tidak aktif saat ini merupakan bentukan OKU, sebagian besar akibat tidak ada lagi pengurusnya. Untuk itu, kita akan melakukan pendataan lagi terhadap seluruh koperasi yang ada, jika sudah tidak aktif kita hapus," katanya.

Kebanyakan koperasi yang ada merupakan koperasi simpan pinjam. Selebihnya koperasi yang bergerak di bidang lain di antaranya pertanian, koperasi sekolah dan sebagainya.

"Kita saat ini fokus untuk membentuk koperasi sekolah meskipun di sekolah sudah ada koperasi pegawai, tujuan kita mendidik siswa untuk mengenalkan koperasi sedini mungkin dan mengajarkan siswa untuk mampu melakukan pengelolaan keuangan," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini