Share

Panggil 3 Menteri, Jokowi Ingin Harga Pangan Turun

Hendra Kusuma , Okezone · Senin 30 Mei 2016 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 320 1401520 panggil-3-menteri-jokowi-ingin-harga-pangan-turun-01EHTw39Wr.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, tiga menteri yang dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini diinstruksikan untuk menstabilkan harga pangan strategis pada saat bulan puasa dan Lebaran 2016.

Tiga pejabat tersebut adalah Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Sekarang harga pasar itu ada tangan-tangan yang ingin memperkuat dan memainkan harga tersebut, maka Presiden sudah berulang kali memberikan instruksi kepada mentan, mendag, menteri bumn untuk beberapa komoditas utama itu harganya harus turun, bukan lagi stabil. Karena harganya sudah berubah tinggi, maka harus diturunkan," kata Pramono di Komplek Istana, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Sebagai contoh, kata Pramono, seperti harga daging sapi di pasar saat ini sudah dibanderol sekitar Rp120 ribu bahkan Rp130 ribu per kilogram (kg). Padahal, kata Pramono, Presiden Jokowi meminta harga jual daging sapi harus di bawah Rp50 ribu.

"Demikian juga harga gula yang dibeberapa daerah sudah‎ Rp15 ribu, itu harus bisa turun seperti yang diintruksikan presiden. Maka komoditas yang diperlukan pada saat puasa dan Lebaran seperti gula, beras, bawang merah-putih, daging ayam maupun sapi ini harus turun," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini