Share

Cegah Kekerasan Terhadap Anak, Masyarakat Diminta Berperan Aktif

Salsabila Qurrataa'yun , Okezone · Senin 30 Mei 2016 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 337 1401365 cegah-kekerasan-terhadap-anak-masyarakat-diminta-berperan-aktif-dyTVVLOSCq.jpg Ilustrasi
A A A

JAKARTA - Kabareskrim Komjen Anang Iskandar menyebutkan bahwa kekerasan yang terjadi terhadap anak bersumber dari masalah di keluarga. Oleh karena itu, faktor keluarga sangat penting dalam mencegah tindak kekerasan terhadap anak.

"Kalo masalah keluarga sudah tertata dengan baik, keluarga jadi surga bagi penghuninya. Apalagi kalo agama ditambah, cinta kasih, dan teladan sabar jadi cara mendidik anak," kata Anang di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Anang memberikan rekomendasi untuk menekan angka kekerasan teradap kepada anak, yakni meningkatkan peran serta masyarakat. Bila hanya mengandalkan penegak hukum, tidak akan efektif mengingat kasus itu bisa terjadi kapan dan dimana saja.

"Kalau mengandalkan penegak hukum tidak sebanding dengan kasus kekerasan yang ada. Berdayakan jejaring yang ada, lokal sampai Internasional," terangnya.

Sementara bila pelaku kejahatan adalah anak di bawah umur, maka perlu mendapat perlakuan khusus. Anak-anak yang tersandung masalah hukum tidak dapat disamakan dengan pelaku kejahatan lain, sehingga perlu sarana rehabilitasi.

"Jangan sampai menangani masalah anak bersama dengan kejahatan lainnya. Mereka hausnya direhab ditempat khusus, tapi terbatas (sarananya)," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini