Share

Fahri Hamzah Sambut Baik Hari Pancasila Menjadi Hari Libur

MNC Media , Jurnalis · Senin 30 Mei 2016 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 337 1401656 fahri-hamzah-sambut-baik-hari-pancasila-menjadi-hari-libur-CugsMkrxRG.jpg Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah (Foto: MNC Media)
A A A

JAKARTA – WAkil Ketua DPR Fahri Hamzah menyambut baik keputusan Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) untuk menjadikan 1 Juni menjadi hari libur memperingati Hari Lahir Pancasila.

“Hal ini menunjukkan keseriusan untuk bangsa kita menjadikan pancasila sebagai bagian penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” demikian pernyataan tertulis Fahri Hamzah, Senin (30/5/2016).

Fahri menjelaskan bahwa selama orde baru, Pancasila mendapatkan kesan kurang baik karena negara melakukan sosialisasi secara paksa. Namun di tengah kosongnya narasi ideologi negara dalam demokrasi, negara menemukan momentum untuk kembali menjadikan Pancasila sebagai ideologi dan falsafah negara.

Pun demikian, Fahri mengingatkan agar peringatan dan liburan 1 Juni jangan hanya simbolis tetapi harus betul-betul diberi isi yang kuat.

“Negara harus lebih kreatif dalam membuka perdebatan. Sebab rakyat dalam realitas demokrasi sangat kreatif dan tidak suka doktrin. Kecerdasan dan pendapat rakyat harus diterima sebagai hasil pendidikan politik yang baik yang sudah berlangsung selama 18 tahun reformasi ini,” pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini