Share

Kasus Kekerasan Anak di Blitar Meningkat 70 Persen

Solichan Arif , Koran SI · Senin 30 Mei 2016 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 519 1401760 kasus-kekerasan-anak-di-blitar-meningkat-70-persen-fLp9FE8OCF.jpg Ilustrasi (Okezone)
A A A

BLITAR - Kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kota Blitar meningkat. Hingga Mei 2016, Polres Kota Blitar telah menangani 16 kasus. Sementara sepanjang tahun 2015 kasus serupa mencapai 23 kasus.

“Dibanding tahun 2015 ada tren peningkatan kasus, “ ujar Kasat Reskrim Polres Kota Blitar AKP Dhanang Yudhanto kepada wartawan, Senin (30/5/2016).

Ia menjelaskan bahwa salah satu faktor menjadi penyebab maraknya kekerasan seksual di Kota Blitar adalah keterbukaan informasi, yakni mudahnya akses internet yang tidak lagi berpusat pada warung internet melainkan menggunakan ponsel.

Media sosial (medos), kata Dhanang, menjadi salah satu modus favorit para pelaku untuk mendekati calon korbannya.

“Dengan medsos pelaku berkenalan dengan calon korbannya. Komunikasi intens itu merupakan awal sebelum kekerasan terjadi,“ jelasnya.

Menurut Dhanang, pelaku kekerasan tidak hanya berasal dari kelompok usia dewasa. Di beberapa kasus, pelaku masih berusia anak-anak. Ia berharap keluarga menjadi benteng pertama pencegahan kasus kekerasan seksual. Orangtua seyogyanya mengawasi pergaulan anaknya.

“Setiap minggu kami menerima laporan kekerasan yang tidak hanya menimpa anak di bawah umur. Rata rata 4-5 laporan,“ lanjutnya.

Untuk menangani kasus kekerasan seksual, Kepolisian Bliar terus berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Anak.

Sementara itu, Kasubid Perlindungan Perempuan dan Anak Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Blitar Iin Indiralita mengatakan, bahwa tayangan porno dari media internet menjadi salah satu faktor penyebab.

Ia menyebutkan bahwa kasus kekerasan anak dibawah umur di Kabupaten Blitar mencapai 35 kasus pada tahun ini. meningkat 70 persen dari tahun sebelumnya.

“Faktor lainya adalah pengaruh minuman keras dan alkohol. Saat ini kita terus menggencarkan sosialisasi ke masyarakat untuk mengantisipasi berkembangnya kasus kekerasan seksual,“ tandasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini