Share

Presiden Mesir Janji Tindak Pembakar Rumah Kristen Koptik

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Selasa 31 Mei 2016 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 31 18 1401866 presiden-mesir-janji-tindak-pembakar-rumah-kristen-koptik-fnxuud7GUc.jpg Presiden Mesir Abdel Fattah el Sisi (Foto: Egyptian Presidency/Reuters)
A A A

KAIRO – Tujuh rumah milik umat Kristen Koptik di Desa Karam, Provinsi Minya, Mesir dibakar oleh umat Islam setempat. Para pelaku juga menelanjangi seorang perempuan berusia 70 tahun serta mengaraknya di jalanan. Insiden mengerikan tersebut terjadi pada 20 Mei 2016.

(Salah satu rumah yang dibakar. Foto: Ahmed Aboulenein/Reuters)

“Mereka membakar rumahku dan masuk lalu menyeretku keluar. Mereka melemparku keluar dan merobek pakaianku. Saya telanjang, berteriak, dan menangis seperti bayi yang baru dilahirkan kembali,” tutur korban yang namanya sengaja tidak dipublikasikan, seperti dimuat Telegraph, Selasa (31/5/2016).

Insiden pembakaran tersebut diyakini terjadi karena cinta beda agama antara pria penganut Kristen Koptik dengan seorang perempuan Muslim setempat. Korban yang ditelanjangi dan diarak tersebut adalah ibu dari si pria.

(Baca juga: Cinta Beda Agama Jadi Penyebab Rumah Kristen Koptik Dibakar)

Mengetahui kasus tersebut, Presiden Abdel Fattah el Sisi mengutuk keras insiden yang disebutnya dapat memecah belah Mesir. Mantan Jenderal Negeri Piramida itu berjanji untuk segera menindak para pelaku. “Kita adalah satu dan hukum harus ditegakkan,” tegasnya.

Kisah cinta beda agama atau bahkan pernikahan beda agama adalah hal yang tabu bagi kedua umat agama di Mesir. Undang-Undang (UU) Mesir menyatakan pernikahan antara seorang pria Kristen dengan perempuan Muslim adalah ilegal. Namun, pernikahan antara pria Muslim dengan perempuan Kristen masih diperbolehkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini