Share

Rizal Ramli: Proyek 35 Ribu Mw Dipaksakan, PLN Akan Rugi Besar

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Selasa 31 Mei 2016 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 31 320 1402368 rizal-ramli-proyek-35-ribu-mw-dipaksakan-pln-akan-rugi-besar-e63rI1a9z6.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan ada risiko besar jika megaproyek 35 ribu mw dipaksakan. Salah satunya, PT PLN (persero) akan mengalami kerugian cukup besar.

Rizal bilang, PLN harus mengeluarkan miliaran dolar jika proyek ini dipaksakan. Pasalnya akan ada permintaan listrik (excess demand) berlebihan sehingga akan menjadi hambatan bagi perusahaan listrik negara itu.

"Seandainya kita bisa selesaikan 35 ribu mw dalam lima tahun, maka akan terjadi permintaan berlebihan. Sehingga PLN harus membayar listrik yang dibangun, digunakan dan atau tidak digunakan," kata Rizal di Gedung BPK, Selasa (31/5/2016).

Dia merincikan, setidaknya PLN harus mengeluarkan USD10,7 miliar per tahun. Bukan tidak mungkin pengeluaran besar ini membuat PLN rugi.

"Hitungan kami kalau dilakukan maka PLN harus bayar tanpa listriknya dipakai 70 persen atau USD10,7 miliar per tahun. Ini jalan kesulitan keuangan PLN. Untuk membayar sesuatu yang tidak digunakan," tambahnya.

Rizal Ramli menegaskan target pembangunan proyek 35 ribu mw tidak realistis. Paling maksimal, kata Rizal, Indonesia hanya bisa membangun 17 ribu sampai 18 ribu mw.

"Kita sudah pelajari sebelumnya target ini kurang realistis, paling banter 17 sampai 18 ribu mw," kata Rizal.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini