Share

Setelah Lulu Group, Ritel Asal Australia, Kanada dan Amerika Siap Banjiri Indonesia

Hendra Kusuma , Okezone · Selasa 31 Mei 2016 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 31 320 1402809 setelah-lulu-group-ritel-asal-australia-kanada-dan-amerika-siap-banjiri-indonesia-MOoEsj3ijd.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan, para pemain ritel internasional siap membanjiri pasar Indonesia. Saat ini, Presiden Jokowi telah meresmikan pengoperasian Lulu Hypermarket & Departemen Store.

Lulu Hypermarket dimiliki oleh Lulu Group Retail yang merupakan pemain ritel raksasa di Uni Emirat Arab (UEA). "Ada (selain Lulu), saya tidak hapal, ada dari Australia itu Home Appliance, dari Kanada, dari Amerika, yang kelihatan serius itu dari Australia," kata Kepala BKPM Franky Sibarani di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Pemain ritaik dari tiga negara tersebut format investasinya akan sama dengan Lulu Group, yakni dengan membuka hypermart dan akan memeprluas atau mengembangkan yang sudah ada, seperti IKEA.

"Nilai komitmennya belum ketahuan, range luas tokonya juga sekitar 4-10 ribu. Jadi masih lakukan pendalaman untuk size berapa. Apakah 4.000 m2 atau 10.000 meter persegi," tambahnya.

Menurut Franky, membangun swalayan tidak semudah membalikan telapak tangan, para pelaku harus melalui banyak perizinan. Misalnya, produk makanan yang dijual itu harus terdaftar di BPOM.

"Ada beberapa buah yang impor seperti kiwi dan tentu harus melalui karantina," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini