Share

Gunungkidul Tawarkan Tiga Destinasi Wisata Alam Baru

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2016 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 31 406 1402021 gunungkidul-tawarkan-tiga-destinasi-wisata-alam-baru-S7T6GpSDpj.jpg Jalur trekking di Nawing

GUNUNGKIDUL - Kecamatan Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta tengah mengembangkan potensi lokal di 13 Desa. Program pengembangan potensi tak lepas dari peran masyarakat untuk memberikan kontribusi melalui ide pembaruan berupa produk panganan maupun wisata. Salah satu bentuk upaya masyarakat yakni munculnya lokasi wisata baru di Patuk.

Di Dusun Baran, Desa Salam, Kecamatan Patuk, baru saja diperkenalkan kepada dunia, tiga destinasi baru, yakni Purboselo Nawing, Gogor Park, serta Taman Amarylis.

Ketiga destinasi tersebut merupakan wisata yang akan mendekatkan wisatawan kepada alam. Potensi keindahan alam Patuk sebagai pintu gerbang Kabupaten Gunungkidul yang tak pernah habis digali terus memberikan banyak pilihan kepada wisatawan untuk mengunjungi.

Camat Patuk Haryo, Ambar Suwardi mengungkapkan, dalam pengembangan potensi di Patuk ia menggandeng sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta. Ia pun menjalankan pengembangan wisata dengan melalui program one village one product, dengan harapan agar masyarakat mendapatkan nilai tambah. Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan harapan agar ekonomi dapat meningkat.

“Kalau untung nanti mereka bisa menabung, harapannya ya biar terhindar dari rentenir,” kata dia, seperti dikutip dari Harian Jogja, Selasa (31/5/2016).

Ambar mengatakan, lokasi wisata Nawing masih dalam proses pengembangan, artinya tidak dapat serta merta menjadi objek wisata yang terkenal di masyarakat. Pihaknya akan terus berupaya menggaet wisatawan untuk berkunjung ke Nawing yang menjual daya tarik dengan menyediakan lokasi trekking.

“Masih butuh proses dan waktu, terkait sejarah Nawing nantinya juga akan ditindaklanjuti dengan bantuan teman-teman Mahasiswa yang sedang KKN,” ujarnya.

Wisata Purboselo Nawing menyajikan wisata trekking kepada para wisatawan. Batu-batu purba raksasa dan tebing terhampar di sepanjang jalur trekking sejauh 1,5 kilometer (km). Ada beberapa tujuan trekking, salah satunya yakni susur sungai dan menuju puncak untuk melihat pemandangan Kabupaten Gunungkidul dari ketinggian. Untuk menuju ke dua lokasi tersebut wisatawan harus melalui jalur yang sedikit terjal dan ekstrem. (fds)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini