Share

Tekan Angka Kecelakaan, Kemenhub Imbau Masyarakat Manfaatkan Mudik Gratis

Fiddy Anggriawan , Okezone · Selasa 31 Mei 2016 22:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 31 512 1402862 tekan-angka-kecelakaan-kemenhub-imbau-masyarakat-manfaatkan-mudik-gratis-bsQpHHtEk3.jpg Foto: Illustrasi Okezone
A A A

BREBES - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto mengantisipasi peningkatan masyarakat yang menggunakan sepeda motor saat mudik lebaran 2016 nanti.

"Paling tidak peningkatannya dari tahun lalu itu bisa dua kali lipat, atau 23,3 persen," kata Pudji usai rapat koordinasi jelang Ramadhan dan Lebaran 2016 bersama Polri, Jasa Marga, dan jajaran terkait di Brebes, Jawa Tengah, Selasa (31/5/2016).

Guna mengantisipasinya, pemerintah kata Pudji meningkatkan agenda mudik gratis bagi pengendara sepeda motor. Peningkatan itu bisa terlihat dari langkah pemerintah yang menambah jumlah anggaran secara signifikan.

"Kita perbanyak mudik gratis untuk pengendara sepeda motor. Anggarannya ditingkatkan menjadi empat kali lipat, kalau tahun lalu Rp5 miliar, tahun ini menjadi Rp20 miliar," kata mantan Kepala Korlantas itu.

Pudji berharap, masyarakat antusias memanfaatkan fasilitas mudik gratis itu. Selain bisa meminimalkan kemacetan, juga diharapkan bisa menghindari tingginya angka kecelakaan sepeda motor.

"Pengendaranya naik bis AC yang disiapkan, silahkan motornya dibawa pakai kereta atau truk," tegasnya.

Dikesempatan sama, Pudji juga mengutarakan komitmennya menjalankan pesan Presiden Joko Widodo. Pesan itu agar mencegah terjadinya kecelakaan, evaluasi koordinasi yang dilakukan terus menerus diharapkan bisa mewujudkan itu.

"Angkutan darat Kemenhub itu pak menteri menyampaikan zero accident untuk angkutan umum. Artinya sebelum pengamanannya berlangsung, harus dilaksanakan inspeksi kendaraan bus kemudian pengemudi termasuk terminal saat pelaksanaan diharapkan zero accident ini bisa terwujud," sambungnya.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto hari ini mengikuti rapat koordinasi lintas batas kesiapan arus mudik yang dipimpin Kepala Korlantas Polri, Irjen Agung Budi Maryoto, di Hotel Grandian, Brebes, Selasa, 31 Mei 2016.

Rapat juga dihadiri sejumlah instansi lain seperti Jasa Raharja, Kementerian PU, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Barat, dan Polres dari lima Provinsi di Jawa. Rapat digelar untuk menyatukan persepsi di lintas sektoral.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini