Share

4 Penyakit Infeksi Akibat Closet Duduk Toilet Umum

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2016 10:29 WIB
$detail['images_title']
Penyakit infeksi dapat menular melalui kontak kulit dengan closet duduk (Foto: Boldsky)

SEBAIKNYA Anda berpikir dua kali sebelum menggunakan closet duduk di toilet umum. Karena, ada sejumlah risiko terkena penyakit infeksi akibat closet duduk atau lingkungan toilet umum yang tidak higienis.

Berikut 4 penyakit infeksi akibat closet duduk toilet umum yang tidak bersih sebagaimana dilansir dari Boldsky, Rabu (1/6/2016).

Infeksi kulit

Kuman dapat menghuni closet duduk, wastafel, bahkan permukaan yang tangan Anda sentuh, seperti gagang pintu, kran air, pegangan flush, serta pengering tangan. Beberapa bakteri yang di closet duduk di antaranya, Corneform (menyebabkan diptheria dan hepatitis), Streptococcaceae (menyebabkan sakit tenggorokan dan radang paru-paru), Pseudomandaceae (menyebabkan infeksi saluran kemih), dan Enteribacteriaceae (menyebabkan infeksi ginjal dan shigellosis).

Infeksi jamur

Biasanya, toilet penuh dengan jamur yang berisiko menyebar ke alat kelamin. Jika itu terjadi, maka ada kemungkinan akan terkena infeksi jamur. Hal ini dapat mempengaruhi orang-orang yang terutama dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Karena itu, sebaiknya tidak menggunakan toilet umum yang kotor.

Infeksi menular seksual

Bakter, jamur, kuman dan organisme lain sering ditemukan pada closet duduk. Karena itu, kebanyakan orang bisa terkena herpes genital dari closet duduk. Herpes genital merupakan infeksi menular seksual yang menyebar dari kontak kulit. Virus ini dapat memasuki tubuh melalui selaput lendir atau goresan luka.

Infeksi Miss V

Infeksi Miss V biasanya disebabkan bakteri dari closet duduk, tempat tidur dan kolam renang. Infeksi ini mempengaruhi Miss V melalui kuman. Ingat, sebagian besar infeksi Miss V disebabkan karena kebersihan pribadi yang buruk dibanding seks.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)