Share

Anak Rewel saat Mudik, Ini Solusinya

Afiza Nurmuseriah, Okezone · Sabtu 02 Juli 2016 01:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 20 196 1420412 anak-rewel-saat-mudik-ini-solusinya-TGr7gGp95s.jpg Mudik lebaran (Foto: Huffingtonpost)
A A A

DI Indonesia, mudik sudah menjadi tradisi tahunan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berkumpul bersama keluarga di kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama sanak saudara terutama orangtua menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Beragam moda transportasi seperti pesawat, kereta api, bis, hingga kendaraan pribadi menjadi pilihan. Membawa si kecil dalam perjalanan mudik tentunya membutuhkan persiapan. Jarak tempuh yang jauh bisa membuat si kecil bosan dan rewel. Untuk mengatasinya, simak tips mudik bersama anak berikut ini.

Perbekalan yang cukup

Selain kendaraan yang prima, pastikan bahwa Anda dan keluarga dalam kondisi sehat dan siap menempuh perjalanan panjang. Selalu siapkan obat-obatan, P3K, bekal makanan dan minuman yang cukup serta pakaian yang nyaman. Jika anak Anda masih bayi, pastikan mengganti popoknya secara rutin agar ia tetap nyaman.

Istirahat setiap dua jam sekali

Berdasarkan data dari Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, mengantuk merupakan penyebab kecelakaan utama saat mudik. Utamakan keselamatan Anda dan keluarga dengan melakukan istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan. Jangan lupa istirahat setiap dua jam sekali di perjalanan agar tetap bugar. Waktu istirahat ini juga memberikan kesempatan anak bergerak bebas sehingga penatnya berkurang.

Bawa mainan anak

Agar anak tidak rewel, siasati dengan membawa mainan anak-anak. Anggota keluarga lain yang berada di dalam mobil juga harus kompak mengajak anak bermain agar kebosanan anak teralihkan. Selain itu, sediakan pula bantal dan selimut agar anak bisa tidur dengan nyaman. Demikian seperti disampaikan oleh AIG Insurance Indonesia beberapa waktu lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini