Share

Brexit Bisa Berdampak Positif pada Ekspor Hasil Laut RI

Dedy Afrianto , Okezone · Sabtu 25 Juni 2016 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 24 320 1424253 brexit-bisa-berdampak-positif-pada-ekspor-hasil-laut-ri-SihUJfdhcE.gif Ilustrasi (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Keluarnya Inggris dari Uni Eropa (British Exit/Brexit) menuai banyak pendapat. Pada satu sisi, rencana ini diyakini akan berdampak negatif bagi ekonomi negara-negara yang selama ini menjalin kerja sama perdagangan dengan Uni Eropa. Namun, di sisi lain, diyakini juga akan berdampak positif bagi penjajahan kerja sama baru terhadap berbagai negara, termasuk Indonesia.

Deputi Bidang Industri dan Perniagaan Kemenko Perekonomian Eddy Putra Irawady mengungkapkan, dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, maka akan terdapat beberapa hambatan kerjasama dengan Inggris yang dapat dihapuskan. Pasalnya, selama ini Inggris harus tunduk kepada aturan Uni Eropa dalam hal kerja sama investasi.

[Baca juga: Brexit Tak Akan Ganggu Hubungan Dagang Inggris-RI]

"Ada (dampak) positif bagi kitanya, kebijakan Uni Eropa ada yang mendiskriminasikan kita karena selama ini London mengikuti pedoman Brussels," kata Eddy kepada Okezone di Jakarta.

Menurut Eddy, referendum nantinya menyepakati Inggris untuk keluar dari Uni Eropa, maka Indonesia memiliki peluang untuk membuka kerja sama pada sektor kelautan. Khususnya adalah pada sektor ekspor perikanan. Indonesia pun diyakini dapat dengan mudah menjamin kerja sama sektor kelautan dengan Inggris.

"Dengan Brexit kita bisa berunding bilateral langsung untuk ekspor perikanan dan impor ironsteel slag untuk bahan baku," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini