Share

7 Kota yang Terapkan Energi Terbarukan

Fhirlian Rizqi Utama , Okezone · Minggu 26 Juni 2016 05:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 24 470 1424276 7-kota-yang-terapkan-energi-terbarukan-5NcUr0RVks.jpg Foto: Business Insider
A A A

JAKARTA - Bergantung pada sumber energi terbarukan menjadi tujuan penting bagi sejumlah kota di dunia. Banyak kota-kota kini mulai menetapkan rencana masa depan mereka dengan energi terbarukan.

Seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (24/6/2016), beberapa kota tercatat sudah bergantung 100 persen pada sumber energi terbarukan seperti Aspen dan Colorado.

Aspen berjalan sepenuhnya pada energi terbarukan yang dihasilkan dari angin, tenaga surya, dan panas bumi. Pada September Aspen menandatangani kontrak dengan Municipal Energy Agency of Nebraska.

Berikut adalah 7 kota yang akan memulai untuk terciptanya sumber energi terbarukan.

1. Greensburg, Kansas

Kota kecil ini mencapai tujuannya pada energi terbarukan pada 2013 yang dibangun efisiensi energi bersertifikat LEED setelah sebagian besar kota ini dihancurkan oleh tornado. Turbin angin menyediakan banyak energi terbarukan di kota.

2. Burlington, Vermont

Burlington menjadi kota besar pertama untuk menjalankan sepenuhnya energi terbarukan dan telah menyelesaikan pengembangan ini pada 2015. Energi yang berjalan merupakan campuran antara biomassa, angin, tenaga surya, dan tenaga air.

3. Wildpoldsried, Jerman

Desa kecil yang hanya berpenduduk 2.600 jiwa ini telah bergantung pada 11 turbin angin dan sistem tenaga air untuk energi. Desa ini benar-benar menghasilkan 500 persen energi terbarukan yang lebih dari kebutuhan yang kemudian dapat dijual kembali.

4. Columbia, Maryland

Columbia akan menggunakan 100 persen sumber energi terbarukan dari sebuah tenaga surya di West Friendship, Maryland.

5. San Francisco, California

Kota ini berencana untuk mengandalkan 100 persen energi terbarukan pada 2025. Untuk mencapai tujuan itu, rancangan undang-undang baru saja disahkan membutuhkan bangunan perumahan baru untuk menyertakan solar panel dan menawarkan pemanas air matahari.

6. San Diego, California

San Diego adalah kota lain di California yang berencana untuk bergantung sepenuhnya pada energi terbarukan di masa depan. Mereka berencana sepenuhnya untuk transisi ke sumber matahari dan angin.

7. Honolulu, Hawaii

Kota ini berencana untuk bergantung sepenuhnya pada energi terbarukan pada 2045. Honolulu berencana untuk beralih sepenuhnya ke sumber energi terbarukan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini