Share

Kerajinan Apik Limbah Kulit Jagung ala Mahasiswa Unpad

Afriani Susanti , Okezone · Sabtu 25 Juni 2016 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 24 65 1424164 kerajinan-apik-limbah-kulit-jagung-ala-mahasiswa-unpad-WKV2DsEhto.jpg Tim mahasiswa Unpad pembuat kerajinan dari limbah kulit jagung. (Foto: dok. Unpad)

JAKARTA - Dengan berpikir kreatif, kita bisa menghasilkan sesuatu yang baru dari benda-benda tidak terpakai di lingkungan sekitar. Inilah yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad), yaitu Iip Hanifah, Resti Ayu Widyarini, M Rizky Ridwansyah dan Yoga Jatipratama. Mereka membuat inovasi baru berupa kerajinan tangan berbahan limbah kulit jagung yang dinamai Ketapel Kujang.

Miris melihat banyaknya limbah kulit jagung yang terbuang, empat sekawan ini pun terpikir untuk mengolahnya menjadi barang bernilai ekonomis seperti dompet, tas sampai lampu hias. Bahan baku limbah jagung mereka dapatkan dari Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Iip dan kawan-kawan mencantumkan ciri khas pada setiap kerajinan tangan yang mereka buat yaitu motif batik khas Jawa Barat. Menurut Iip, inovasi Ketapel Kujang Motif Jawa Barat merupakan sarana mereka untuk lebih memperkenalkan motif-motif ini kepada konsumennya sebagai ajang pelestarian budaya.

"Generasi muda di Indonesia banyak yang tidak mengenal budayanya sendiri. Meski mereka tinggal di Jawa Barat, belum tentu mereka tahu batik Jawa Barat itu seperti apa," ujar Iip seperti dinukil dari laman Unpad, Sabtu (25/6/2016).

Sebelum menyulap limbah kulit jagung menjadi berbagai kerajinan tangan, Iip dan timnya melakukan riset untuk menemukan teknik yang tepat dalam mengolah dan mengelolanya. Tidak lupa, mereka juga mencari tahu prosedur pengajuan Hak Kekayaan Intelektual tas produk Ketapel Kujang Motif Jawa Barat.

Iip memaparkan, sebelum dibentuk menjadi berbagai kerajinan tangan, limbah kulit jagung melalui berbagai tahapan, mulai dari direbus hingga dibuat pola. Saat pola sudah terbentuk, baru dijahit dan ditambahkan motif batik Jawa Barat yang dikerjakan para seniman airbrush yang menjadi rekanan.

Rekan Iip, Rizky, berharap, para pembeli tidak hanya menyukai produk Ketapel Kujang Motif Jawa Barat, tetapi juga sadar tentang pengelolaan sampah. "Harapannya, semoga pembeli nanti sadar bahwa sebenarnya sampah juga bisa kita olah," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini