Share

Berlaga di AS, Kapal ITS Dirancang Khusus

Iradhatie Wurinanda, · Sabtu 25 Juni 2016 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 24 65 1424410 berlaga-di-as-kapal-its-dirancang-khusus-97mKXvHZG2.jpg Kapal Nala-Evo Mark II karya ITS. (Foto: Dok. ITS)

JAKARTA - Kapal buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Nala-Evo Mark II akan berlaga dalam kompetisi roboboat internasional di Virginia, Amerika Serikat (AS). Supaya mampu mencapai hasil maksimal, Tim Barunastra yang akan berangkat ke sana telah mempersiapkan berbagai hal sehingga kapal memiliki kestabilan tinggi dan keunggulan dalam sistem elektronik.

Ketua Tim Barunastra, Darwin Setiyawan menjelaskan, kapal yang sebelumnya meraih best design itu menggunakan dua lambung atau biasa disebut catamaran. Spesifikasi catamaran sendiri lebih stabil berjalan di atas ombak dibandingkan monohull atau kapal berlambung satu.

"Inovasi dari bentuk lambung ini didesain dengan kestabilan tinggi sehingga bisa bermanuver lebih lincah," sebutnya dilansir dari laman ITS, Sabtu (25/6/2016).

Nala-Evo Mark II, kata dia, memiliki keunggulan pada sistem elektroniknya. Sebab, kapal ini menggunakan smartphone sebagai image processing.

"Jadi kami menggunakan android smartphone sebagai pengambilan citra warna sekaligus memproses data warna tersebut," ujarnya.

Darwin menuturkan, selain image processing, smartphone juga difungsikan sebagai pelacak Global Positioning System (GPS) pada kapal. Tak hanya itu, kapal juga dilengkapi dengan kecepatan prosesor microcontroller yang sangat tinggi.

"Kami menggunakan STM32F4 sehingga proses serta sistem kontrolnya bisa lebih cepat. Sedangkan pemantauan secara real-time dari darat dengan menggunakan teknologi Wi-Fi," paparnya.

Berbagai persiapan untuk bertanding di Virginia itu dilakukan karena kompetisi yang diadakan Association for Unmanned Vehicle Systems International (AUVSI) tersebut tidak hanya menguji kemampuan sensor kapal, melainkan ada lima bidang yang turut dilombakan. Bidang tersebut meliputi, navigasi, menghindar dari bola acak, docking, pengambilan gambar bawah air, dan mendeteksi frekuensi bawah air.

"Melihat performa kapal, kami optimistis bisa menang," tukasnya. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini