Share

Ronaldo Bukanlah Sosok Dibalik Keputusan Santos

Riski Bayuni Sagala, Okezone · Sabtu 25 Juni 2016 03:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 25 3 1424857 ronaldo-bukanlah-sosok-dibalik-keputusan-santos-BOYs18Ey3R.jpg Cristiano Ronaldo (kanan) (Foto: Reuters)
A A A

LENS – Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, menyanggah kabar yang menyatakan setiap keputusannya dipengaruhi oleh sang pemain bintang, Cristiano Ronaldo. Sebelumnya, sempat beredar kabar Santos sengaja menerapkan formasi 4-4-2 agar dapat menjadikan Ronaldo poros Timnas Portugal.

Dalam tiga pertandingan di Grup F Piala Eropa 2016, Santos selalu menggunakan formasi 4-4-2. Ronaldo menempati posisi depan bersama dengan Nani. Kendati demikian, lini depan Portugal gagal memberikan hasil manis di fase grup.

Portugal hanya dapat menduduki posisi ketiga Grup F Piala Eropa 2016 dengan raihan tiga poin. Santos menegaskan Ronaldo bukanlah sosok yang memengaruhi keputusannya. Kendati demikian, ia tidak menyangkal bahwa Ronaldo memiliki peranan penting bagi Timnas Portugal.

“Tidak segala keputusan didasari oleh Cristiano Ronaldo, meski dia merupakan sosok yang penting bagi tim kami. Cristiano bukanlah seorang winger atau penyerang. Itulah mengapa, untuk mendapatkan hasil yang baik, menurut saya, kami lebih baik menerapkan 4-4-2,” ujar Santos, seperti dilansir Soccerway, Sabtu (25/6/2016).

“Jika kami menerapkan Cristiano sebagai penyerang (dalam formasi 4-3-3), itu akan mengurangi kualitas permainan. Jadi Cristiano lebih baik berada di posisi yang dia dapat menyerang dan bertahan. Itu sesuai dengan karakteristiknya, dia membutuhkan ruang dan kebebasan,” jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini