Share

Swiss vs Polandia Ditentukan Lewat Adu Penalti

Reza Saputra, Okezone · Sabtu 25 Juni 2016 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 25 3 1425288 swiss-vs-polandia-ditentukan-lewat-adu-penalti-5Nt8SHMEkr.jpg Swiss vs Polandi lanjut ke adu penalti. (foto:Reuters)
A A A

SAINT-ETIENNE – Timnas Polandia melakoni laga 16 besar Piala Eropa 2016 dengan menghadapi Swiss di Stade Geoffroy Guichard, Sabtu (25/6/2016) malam WIB. Saling jual beli serangan tersaji di babak pertama. Namun Polandia-lah yang berhasil unggul lebih dulu di babak pertama.

Interval kedua menjadi milik Swiss. Armada Vladimir Petkovic terus melancarkan serangan untuk mengejar ketertinggalan. Hasilnya, Xherdan Shaqiri sukses memaksa Polandia melakoni perpanjangan waktu dengan golnya di menit 82.

kedudukan imbang masih berlanjut hingga 2x15 menit. Alhasil pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Partai pertama fase 16 besar Piala Eropa 2016 mempertemukan runner-up Grup A Swiss kontra runner-up Grup C Polandia. Pertandingan yang mempertemukan dua tim dengan kekuatan nyaris seimbang ini menampilkan aksi saling jual beli serangan.

Polandia yang dimotori oleh penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski, terus menekan pertahanan Swiss. Menit 13 Lewandowski mendapat peluang pertamanya untuk menciptakan gol. Sayang tembakan spekulasinya masih jauh dari sasaran.

Tidak banyak peluang yang tercipta pada pertandingan malam ini. Aliran bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah. Hingga memasuki menit 25, skor masih 0-0.

Kali ini giliran Adam Milik mendapat peluang emas di menit 31 setelah menerima umpan silang dari sisi kanan. Namun meski tanpa kawalan berarti, tendangannya masih belum menemui sasaran.

Perlahan tapi pasti Swiss mulai keluar dari tekanan yang diberikan Polandia. Bermulai dari skema sepak pojak di menit 35, Polandia akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan di menit 39 melalui Blaszczykowski.

Berawal dari serangan balik cepat, Kamil Grosicki melihat pergerakan tanpa bola yang dilakukan Blaszczykowski. Kontan saja bola langsung diberikan kepada Blaszczykowski. Lalu tanpa kawalan berarti, pemain 30 tahun tersebut langsung melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi kiper Swiss.

Unggul satu gol membuat Polandia berada di atas angin. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke jantung pertahanan Swiss namun hingga pertandingan berakhir, skor masih tetap 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Babak Kedua

Polandia masih terus menekan pertahanan Swiss untuk mengamankan satu tiket ke babak perempatfinal. Lagi-lagi Lewandowski yang mendapat peluang emas untuk menciptakan gol. Namun tembakannya di menit 49 masih mampu ditangkap sempurna oleh Sommer.

Tidak ingin memberikan kemenangan begitu saja, Swiss membalas. Dua menit berselang giliran Xherdan Shaqiri yang mengancam gawang Polandia. Beruntung penampilan apik Fabianski di bawah mistar mampu mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Swiss terus menekan pertahanan Polandia untuk mengejar ketertinggalan. Swiss mendapat peluang emas di menit 72 melalui skema serangan balik. Ricardo Rodriguez yang maju sebagai algojo memutuskan mengarahkan bola langsung ke gawang Polandia. Lagi-lagi penampilan apik Fabianski mampu menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Selang enam menit, armada Vladimir Petkovic nyaris menyamakan kedudukan. Haris Seferovic melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Namun, Dewi Fortuna masih belum berpihak ke Swiss. Sepakan Seferovic masih membentur mistar gawang.

Swiss akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit 82 melalui Xherdan Shaqiri. Berawal dari kemelut yang terjadi di depan gawang Fabianski, bola melambung di atas kepada Shaqiri. Tanpa pikir panjang, ia langsung melepaskan tendangan salto yang menghujam jala gawang Polandia dan gol.

Hingga wasit mengakhiri babak kedua, skor tetap bertahan dengan skor 1-1. Swiss kontra Polandia pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Extra Time

Gol Shaqiri membuat pertandingan kembali ke awal. Saling jual beli serangan kembali terjadi seperti di awal babak pertama. Namun bola lebih banyak dikuasai oleh Swiss. Kendati demikian, lini belakang Polandia tidak membiarkan Seferovic dan kawan-kawan mudah dalam mencetak gol.

Sementara itu, Polandia hanya mengandalkan serangan balik. Alhasil, hingga babak pertama berarkhir, skor masih 1-1.

Polandia kemabli melanjutkan dominasinya di extra time babak kedua. Shaqiri yang melihat pergerakan Derdiyok langsung melepaskan umpan ke kotak penalti. Lepas dari jebakan offside, Derdiyok langsung menanduk bola. Sayang reflek cepat yang ditunjukan Fabianski masih mampu menghalau bola.

Lagi-lagi Swiss mendapat peluang emas. Seferovic yang menerima umpan dari tengah, langsung membawa bola dengan menyisir sisi kanan pertahana Polandia. Ia pun langsung mengirimkan bola ke tengah di mana ada Derdiyok. Namun pemain 28 tahun tersebut kembali gagal mengonversi peluang tersebut menjadi gol.

Susunan Pemain:

Swiss XI: Sommer, Rodriguez, Djourou, Schar, Lichtsteiner, Xhaka, Behrami (Fernandes 76’), Mehmedi Derdiyok 70’), Dzemaili (Embolo 58’), Shaqiri, Seferovic.

Polandia XI: Fabianski, Piszczek, Glik, Pazdan,Jedrzejczyk, Blaszczykowski, Krychowiak, Maczynski (Jodlowiec 101’), Grosicki (Peszko 104’), Milik, Lewandowski.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini