Share

BI Sayangkan Uang Koin Dilebur lalu Dijual

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Sabtu 25 Juni 2016 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 25 320 1425108 bi-sayangkan-uang-koin-dilebur-lalu-dijual-TUQHt7Ms1O.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyayangkan sikap masyarakat yang masih kurang peduli terhadap uang logam atau koin. Rendahnya kepedulian ini membuat masyarakat tidak menjaga kelayakan uang koin.

"Kita tahu masyarakat kita sendiri masih sulit terima koin, ada daerah yang transportasinya pakai air pakainya uang kertas, karena kalau koin jatuh hilang," kata Deputi Gubernur BI Ronald Waas di Monas, Sabtu (25/6/2016).

Bahkan, Ronal menyebut di suatu daerah ada yang melebur uang koin lalu di jual kembali. Dia mengakui nilai jual logam yang dilebur lebih tinggi ketimbang saat menjadi pecahan uang logam.

 [Baca juga: Kembalian Permen, Koin Dianggap Bukan Alat Transaksi]

"Ada juga tempat-tempat di beberapa kasus tapi terjadi koin ini dilebur dipakai untuk hal lain, nilai logamnya lebih tinggi dari pada face valuenya," tambahnya.

Dia menyayangkan adanya fenomena ini. Seharusnya, kata dia, uang koin dianggap seperti pecahan mata uang lainnya yang digunakan sebagai alat pembayaran.

"Padahal koin alat pembayaran sah di wilayah NKRI yang diatur Undang-Undang mata uang, kita harus jaga dengan baik uang koin," cetusnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini