Share

Adian Napitupulu Meragukan 1 Juta KTP Teman Ahok

Reni Lestari , Okezone · Sabtu 25 Juni 2016 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 25 338 1425142 adian-napitupulu-meragukan-1-juta-ktp-teman-ahok-x7XjuBYM8f.jpg Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok (Foto: Dok Okezone)
A A A

JAKARTA - Politisi PDIP yang juga petinggi Ormas Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Adian Napitupulu meragukan relawan Teman Ahok bisa mengumpulkan lebih dari 1 juta dukungan kartu tanda penduduk (KTP) dalam waktu relatif singkat. Menurutnya, Teman Ahok bukan seperti partai yang memiliki 'mesin' hingga tingkat kelurahan untuk melakukan pergerakan.

Seperti diketahui, pengumpulan dukungan KTP bagi petahanan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berlangsung dalam dua tahap. Pada rentang waktu Juni 2015 hingga 2016, terkumpul sekira 770 ribu KTP hanya untuk Ahok saja. Setelah muncul aturan baru dalam revisi UU Pilkada, Teman Ahok mengulang pengumpulan KTP untuk Ahok berserta pasangannya, Heru Budi Hartono.

“Dalam waktu tiga bulan setengah, apakah sanggup mengumpulkan 1 juta KTP dengan data secara logika berat. Mesinnya bukan mesin anak ranting yang punya sampai RT/RW. Misalnya PDIP ada 200-an anak ranting,” kata Adian dalam konferensi pers di Bumi Pospera, Jalan Basuki Rachmat, Cipinang Muara, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2016).

(Baca juga: Ini Alasan Paulus Beberkan Sistem Kerja Teman Ahok)

Adian juga menyoroti masalah keterbukaan anggaran yang digunakan Teman Ahok untuk operasional pengumpulan KTP. Ia mengatakan, Teman Ahok berubah-ubah dalam pernyataan mengenai jumlah dana yang dihabiskan.

"Anggaran berubah-ubah, pertama Rp2,5 miliar, lalu Rp3,5 miliar, terakhir Rp6 miliar. Yang benar yang mana? Dalam demokrasi harus ada transparansi, ayo transparan,” sambungnya.

Adian pun meminta Teman Ahok untuk secara gambling membuka fakta, baik mengenai anggaran yang digunakan maupun jumlah KTP yang berhasil dikumpulkan.

“Saya cari dimana-mana, Teman Ahok punya rekeneing enggak? Saya cari enggak ketemu. Apakah di bawah tangan dan di bawah meja semua? PPATK tidak bisa menulusuri. Berapa anggaran yang mereka gunakan untuk mengumpulkan 1,7 juta KTP itu. Mungkin enggak? Jujur saja, kalau tidak mencapai segitu, Ahok pasti akan maklum kok," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini