Share

Pantang Kecewa Jika Tak Lulus SBMPTN

Afriani Susanti , Okezone · Minggu 26 Juni 2016 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 25 65 1425049 pantang-kecewa-jika-tak-lulus-sbmptn-CPI7T7Vsz9.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 tinggal menghitung hari. Dari sekira 700 ribu peserta SBMPTN 2016, sebagian besar dari mereka harus berlapang dada karena belum berkesempatan masuk ke PTN impian.

Meski begitu, tak lulus SBMPTN bukan berarti impian kuliah menjadi pupus. Masih banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap semangat melanjutkan pendidikan meski bukan di PTN impian.

Berikut ini tips agar tidak berlarut-larut kecewa jika belum mendapat kesempatan lulus pada jalur SBMPTN 2016.

Buat Rencana Baru

Inilah saatnya membuat rencana baru. Mulai dari mencari kampus yang akan didaftar selanjutnya atau jurusan yang ingin dipilih. Selain itu, belum lulus pada SBMPTN tahun ini bukan berarti tidak ada kesempatan mencoba lagi di tahun depan.

Belajar dari pengalaman

Kegagalan pada SBMPTN 2016 bisa menjadi pelajaran penting, terutama untuk kamu yang berminat mencoba SBMPTN di tahun depan. Kamu jadi lebih paham di mana letak kesalahan yang perlu diperbaiki.

Daftar PTS

Belum diterima di PTN bukan berarti harapan untuk kuliah pupus. Masih banyak perguruan tinggi swasta (PTS) bermutu baik yang menyediakan pendidikan tak kalah bagus dari kampus-kampus lainnya.

Terus kejar mimpi

Nah, ini saatnya kembali bangkit dan mengejar impian lagi. Mulailah dengan menghilangkan rasa kecewa, buat strategi baru agar apa yang dicita-citakan di masa depan bisa tercapai.(afr)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini