Share

Amuba Pemangsa Otak Renggut Nyawa Remaja AS

Rahman Asmardika , Okezone · Minggu 26 Juni 2016 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 26 18 1425415 amuba-pemangsa-otak-renggut-nyawa-remaja-as-KIg2axbrgB.jpg Amuba naegleria fowleri dibawah mikroskop. (Foto: Centers of Disease Control)
A A A

NORTH CAROLINA – Seorang remaja Amerika Serikat (AS) dilaporkan meninggal setelah terjangkit amuba pemangsa otak saat mengunjungi US National Whitewater Center (USNWC) di North Carolina. Kejadian ini memaksa petugas USNWC untuk menutup taman nasional itu untuk melakukan pemeriksaan pekan ini.

Lauren Seitz terjangkit amuba naegleria fowleri setelah berenang di USNWC. Petugas meyakini amuba tersebut masuk melalui hidungnya dan menyebabkan infeksi otak langka yang berujung pada kematian perempuan berusia 18 tahun itu.

“USNWC, setelah berdiskusi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memutuskan untuk menutup sementara semua aktivitas whitewater, efektif segera. Keputusan ini diambil oleh Whitewater Center setelah hasil tes awal menemukan DNA naegleria fowleri ditemukan di sistem whitewater,” demikian pernyataan USNWC sebagaimana dilansir Sputnik, Minggu (26/6/2016).

“USNWC bekerjasama dengan CDC dan pejabat kesehatan lokal untuk mengembangkan langkah selanjutnya. Hanya aktivitas whitewater yang ditutup. USNWC tetap buka untuk semua operasi dan aktivitas lainnya,” jelas pernyataan tersebut.

Amuba naegleria fowleri yang mampu menyusup ke dalam jaringan otak dan menyebabkan infeksi yang mematikan terdeteksi pada penyelidikan penyebab kematian remaja malang itu dan pada air dimana dia berenang.

Infeksi amuba ini sangat jarang terjadi dengan kurang dari 10 kasus yang tercatat di AS dalam waktu lebih dari 50 tahun. Amuba ini sering ditemukan di air tawar yang hangat pada musim panas.

Petugas setempat mengatakan bahwa saat ini Whitewater Center sedang di berikan perawatan menggunakan penyaringan, radiasi ultraviolet, dan klorin untuk naegleria fowleri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini