Share

Sederet Saham yang Bisa Jadi 'THR' Jelang Lebaran

Danang Sugianto , Okezone · Senin 27 Juni 2016 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 26 278 1425580 sederet-saham-yang-bisa-jadi-thr-jelang-lebaran-cLdyqY54bv.jpg Ilustrasi pasar modal. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Hampir setiap bulan Ramadan, pasar modal Indonesia cenderung sepi dari aktivitas perdagangan. Namun jika ditilik kembali ada beberapa saham yang memiliki potensi berikan capital gain selama Ramadan.

Menurut pandangan Analis Investa Saran Mandiri Kiswoyo Adi Joe, saham-saham yang ada di sektor consumer dan pendukung infrastruktur yang akan menjadi motor penggerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang Ramadan. Kiswoyo menjelaskan, sepanjang bulan puasa hingga Lebaran konsumsi masyarakat untuk panganan pasti meningkat.

"Sahamnya consumer itu kan cuma PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Tbk (ICBP), PT Mayora Indah Tbk (MYOR) sama PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA). PT Kino Indonesia Tbk (KINO) bisa juga, tapi produknya tidak cukup banyak," terangnya saat dihubungi Okezone.

Sementara untuk sektor pendukung infrastruktur Kiswoyo merekomendasikan saham dari kontraktor dan produsen bahan-bahan untuk membangun infrastruktur. Di antaranya PT PP Tbk (PTPP), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Wika Beton Tbk (WTON) dan PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (ISSP).

"PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) bisa juga, tapi dia kapasitasnya sudah habis, jadi sudah maksimal. Kalau untuk sektor semen agak ragu juga, karena bangun infrastruktur enggak makan banyak semen, seperti jalan tol," tambahnya.

Sementara untuk pergerakan IHSG hingga setelah Lebaran diperkirakan akan bergerak sideway. Kiswoyo memprediksi laju IHSG hingga lebaran berada di kisaran support 4.700 dan resistance 5.000.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini