Share

Ini Buka Puasa Praktis ala Masyarakat Arab

Devi Setya Lestari, Okezone · Senin 27 Juni 2016 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 26 298 1425772 ini-buka-puasa-praktis-ala-masyarakat-arab-KMaDQ6mf19.jpg Menu buka puasa praktis masyarakat Arab (Foto: Egyptianstreetfood)
A A A

SELAMA Ramadan, masyarakat di berbagai negara memiliki tradisi kuliner santapan buka puasa yang berbeda. Bagi masyarakat Arab misalnya, tradisi berbuka puasa biasanya hanya menyantap makanan simpel.

Mohamed Moamin, Manager Operational restoran D' consulate yang juga pria berdarah Arab mengatakan masyarakat Arab biasa buka puasa dengan makanan yang sederhana. “Buka puasa hanya pakai air putih dan tiga butir kurma, beberapa orang menambahkan dengan minum kopi arab,” kata pria yang akrab disapa Mohamed ini saat ditemui Okezone.

Minum segelas air dan kurma dilakukan masyarakat Arab secara turun temurun sejak ratusan tahun lalu, karena ini termasuk salah satu sunah yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW. “Sunah buka puasanya seperti itu. Habis sholat maghrib dan sholat tarawih baru makan besar,” lanjut Mohamed.

Makanan yang disantap ini sekaligus sebagai menu makan malam, bahkan tak jarang jumlah santapannya sekaligus banyak karena sebagian masyarakat enggan menyantap sahur dini harinya.

“Makan malam porsinya banyak dan varian menunya juga beragam, orang Arab kalau makan kan banyak bisa sekalian buat sahur,” pungkas Mohamed.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini