Share

Modus Peredaran Narkoba Makin Canggih, BNN Butuh 2.000 Anjing K-9

Regina Fiardini , Okezone · Minggu 26 Juni 2016 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 26 337 1425506 modus-peredaran-narkoba-makin-canggih-bnn-butuh-2-000-anjing-k-9-ECy7nXKC62.jpg Foto: Okezone
A A A

JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso (Buwas) mengakui bahwa modus peredaran narkotika tiap tahunnya kian berkembang. Ia mengatakan, kedepan pihaknya akan mengikuti perkembangan modus itu agar tak kalah dengan pengedar dan bandar narkoba.

Mereka, sambung Buwas, sudah menemukan cara agar barang haram tersebut sulit dideteksi X-tray dan dengan mudahnya masuk ke Indonesia.

"Modus operandi selalu berkembang dan berubah, sekarang tidak lagi menggunakan izin ilegal tapi legal. Kita akan ikuti terus perkembangan jaringan mafia ini," kata Buwas dalam acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di lapangan parkir Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (26/6/2016).

Guna mengikuti perkembangan itu, pihaknya pun memperkenalkan anggota baru yakni anjing K-9 yang dijadikan pasukan khusus dalam pemberantasan narkoba itu. Saat ini, pihaknya baru memiliki 50 ekor anjing tersebut namun seiring berjalannya waktu ia akan terus melakukan penambahan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Oleh sebab itu mungkin PR yang terdekat adalah bagaimana meningkatkan kemampuan BNN termasuk fungsi pendukung yaitu K-9. Kita sebenarnya butuh 2.000 K-9 ini, perlahan-lahan akan dibuktikan," tambahnya.

Soal adanya anak TK yang sudah menjadi korban penyalahgunaan narkoba, Buwas menilai itu merupakan kesengajaan jaringan narkotika agar bisa melakukan regenerasi sehingga barang haram tersebut bisa terus masuk ke Indonesia.

"Mereka korban dari regenerasi pangsa pasar jaringan narkotika nasional. Tujuannya satu, yaitu menciptakan suplay agar pangsa pasar di negara kita tetap dilaksanakan," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini