Share

Multistrada Incar Kenaikan Pendapatan 15% di 2016

Widi Agustian , Okezone · Senin 27 Juni 2016 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 27 320 1426065 multistrada-incar-kenaikan-pendapatan-15-di-2016-cPzaUbHVuo.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

JAKARTA – PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) tahun 2016 menargetkan pendapatannya tumbuh 10-15 persen pada 2016. Target ini akan ditopang oleh pertumbuhan penjualan di pasar ekspor yang merupakan kontributor penjualan tertinggi, yakni 70 persen dari total penjualan produk perseroan.

Presiden Direktur Multistrada Arah Sarana Pieter Tanuri menjelaskan, saat ini perseroan yang merupakan produsen ban memiliki kapasitas produksi ban mobil sebanyak 28.500 unit per hari dan ban motor sebanyak 16.000 uni per hari. Untuk mencapai target pertumbuhan penjualan tersebut, pada 2016 ini, Perseroan akan memaksimalkan belanja modal (capital exependiture) sekitar USD 30 juta yang dibiayai oleh pinjaman kredit dari Export Credit Agency “ECA” untuk menyesuaikan kapasitas produksi Perseroan dengan pasar yang dituju melalui debottlenecking project.

“Proyek tersebut nantinya akan meningkatkan kapasitas produksi ban mobil menjadi 32.000 unit per hari dan produksi ban motor menjadi 18.000 unit per hari,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/6/2016).

Sampai saat ini, komposisi penjualan ban Perseroan masih didominasi oleh penjualan ekspor sekira 70 persen karena Perseroan menyadari bahwa pasaran ekspor memiliki potensi yang sangat besar, sedangkan penjualan domestik sekitar 30 persen.

Selain harapan recovery pasar Eropa, Perseroan menilai Pasar Amerika masih merupakan tujuan ekspor yang sangat potensial. Hal ini dibuktikan area Amerika mengalami peningkatan penjualan di 2015 sebesar 58 persen jika dibandingkan dengan tahun 2014.

“Kami berencana terus melakukan penetrasi di pasar Amerika dengan membuat kantor perwakilan agar lebih memahami kondisi pasar di sana sehingga dapat terus meningkatkan angka penjualan produk Perseroan di Amerika,” tambah Pieter Tanuri.

Ditambahkan, strategi di atas sejalan dengan salah satu dari tiga strategi Perseroan. Strategi pertama Perseroan yakni lebih mengefektifkan rantai pasokan di kawasan potensial seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, Jepang, Asia Tenggara, Australia dan kawasan Timur Tengah. Strategi kedua adalah menyesuaikan produk bagi masing-masing wilayah yang dituju. Strategi ketiga adalah melakukan strategi efisiensi terutama pada bahan baku.

“Bahkan kami telah menjalin kerjasama dengan klub bola asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) sebagai Official Global Tire Partner. Kami berharap PSG sebagai brand global akan membantu penetrasi Achilles dan Corsa di pasar global,” jelas Pieter Tanuri.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini