Share

Presiden Jokowi Tegaskan Tak Akan Minta Maaf ke PKI

Syamsul Anwar Khoemaeni , Okezone · Senin 27 Juni 2016 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 27 337 1426607 presiden-jokowi-tegaskan-tak-akan-minta-maaf-ke-pki-h7vPid5rM2.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Akhir Mei 2016, pemerintah menyelenggarakan simposium 1965. Santer beredar, simposium tersebut merekomendasikan agar pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan permintaan maaf kepada PKI.

Namun, Jokowi menegaskan jika ia tidak akan melakukan hal tersebut. "Permintaan maaf ke PKI. Tahun lalu sudah saya sampaikan, bahwa tidak ada rencana dan pikiran sama sekali mau minta maaf," ujar Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (27/6/2016).

Bahkan, dengan nada keras, mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan telah berbicara ke sejumlah pimpinan Muhammadiyah, PBNU serta ulama tentang sikapnya tersebut. Selain itu, Jokowi juga mengaku telah mengungkapkan pemikirannya itu sejak tahun lalu pada Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya.

"Ketemu Muhamadiyah, PBNU sudah saya sampaikan, termasuk hari kesaktian Pancasila tahun lalu," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, pimpinan tertinggi TNI-Polri itu meminta agar para prajurit tidak mendengarkan gosip permintaan maaf. Ia mengimbau agar elemen bangsa menatap masa depan.

"Sudah jangan dengarkan gosip, tidak ada rencana minta maaf. Yang paling penting bagi saya adalah melangkah masa depan. Tapi memang ada periode kelam," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini