Share

Penyelundupan 12.000 Liter Minyak ke Luar Negeri Digagalkan Polisi

Mewan Haqulana , Okezone · Senin 27 Juni 2016 01:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 27 340 1425827 penyelundupan-12-000-liter-minyak-ke-luar-negeri-digagalkan-polisi-6J564p1vaZ.jpg Penangkapan (Foto: Ilustrasi)
A A A

SUMSEL - ‎Sebanyak 12.000 liter minyak yang hendak diselundupkan ke luar negeri berhasil digagalkan petugas Pol Air Polda Sumsel di perairan Tanjung Kampeh Sei Sembilang, Kabupaten Banyuasin.

Direktur Ditpolair Polda Sumsel, Kombes Pol Robinson DP Siregar, mengatakan, penyelundup minyak tertangkap tangan saat sedang memindahkan minyak mentah dari Kapal Motor Tangker (KMT) Andika Arshanti asal perairan Muntok, Bangka Barat ke Kapal ‎Merilon 2 berbendera negara Saint Kitts and Navis, Kamis 23 Juni 2016.

"Saat digerebek, minyak tersebut telah berpindah sebagian dan mereka tidak bisa menunjukkan dokumen resmi. Nahkoda beserta ABK-nya terpaksa diamankan di Markas Polair Polda Sumsel untuk dimintai keterangan," katanya, Minggu (26/6/2016).

Ketika dilakukan penangkapan, KMT Merlion 2 dinakhodai E dengan membawa sembilan anak buah kapal (ABK). Sedangkan KMT Andhika Arsanti sendiri membawa 27 ABK yang dinakhodai E‎. "Dua di antara ABK KMT Merlion merupakan warga Myanmar. Kami akan koordinasi dengan pihak imigrasi terkait hal ini," katanya.

(Baca: Penyelundupan BBM Ilegal Senilai Rp4 Miliar Digagalkan)

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, minyak mentah tersebut dijual ke kapal asing di tengah perairan dan akan dibawa ke negara Saint Kitts and Navis. "Minyak tersebut akan diselundupkan ke luar negeri, namun ke mana tujuan pastinya masih diselidiki, " katanya.

‎Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 55 Huruf B, C dan D Undang-Undang No 22 Tahun 2001 tentang Migas jo Pasal 55 KUHP dan Pasal 480 KUHP. "Pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Pol Airud Polda Sumsel, Kecamatan Kalidoni Palembang. Kasus ini masih dikembangkan," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini