Share

Peredaran Narkoba di Solo Marak, Sebagian Dikendalikan dari Rutan

Bramantyo , Okezone · Selasa 28 Juni 2016 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 27 512 1426788 peredaran-narkoba-di-solo-marak-sebagian-dikendalikan-dari-rutan-IQY9wzgQ2L.jpg Ilustrasi
A A A

SOLO – Peredaran narkoba di wilayah Solo kian memprihatinkan. Pada bulan Juni, Polresta Solo sudah mengungkap delapan kasus narkoba dengan mengamankan delapan tersangka.

Kasat Narkoba Polresta Solo Kompol Ari Sumarwono menjelaskan, mulai bulan Januari ada sembilan kasus narkoba dengan sembilan tersangka. Pada Februari terdapat 19 kasus narkoba yang menjerat 23 tersangka. Selama bulan Maret ada 12 kasus dengan 12 tersangka.

"Bahkan hampir tiap bulan kami temukan kasus narkoba. Pada April 14 kasus dan 14 tersangka dan bulan Mei ada 13 kasus dengan 16 tersangka. Pelakunya ada masih sidang dan sebagian juga sudah mendapat vonis," papar Kompol Ari Sumarwono, di Solo, Jawa Tengah, Senin (27/6/2016)

Lebih memprihatinkan lagi, dari kasus yang ada 80 persennya pelaku merupakan pengedar. Pelakunya juga beragam. Dalam satu kasus yang ditangani kepolisian, pelakunya masih remaja dan duduk di bangku SMA.

Berdasarkan hasil pengembangan penyidikan dari pelaku yang tertangkap, kebanyakan mereka mengaku bisnis narkoba tersebut dikendalikan dari dalam rutan di berbagai daerah.

"Sebanyak 23 persen sisanya tidak semua merupakan pengguna murni, tetapi juga sebagai pengedar. Namun, barang bukti atas perannya tidak bisa dibuktikan," lanjut Kasatnarkoba.

(Baca Juga : Peringati Hari Antinarkotika, BNN Jateng Musnahkan Ribuan Pil Ekstasi)

Kasus narkoba menjerat banyak kalangan, mulai usai dewasa yang berprofesi pekerja swasta serta anak usia produktif yang masuk kategori pelajar.

"Tidak peduli seorang pelajar, pengusaha, hingga kalangan menengah ke bawah menjadi target peredaran narkoba," serunya.

Solo selama ini dikenal sebagai kota tujuan wisata, perdagangan, budaya, dan hiburan sehingga dirasa sangat potensial untuk peredaran narkoba.

"Dari bulan Januari hingga Juni batang bukti narkoba yang sudah diamankan sebanyak 1 kilogram lebih dan 50 butir ineks," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini