Share

Jual Motor Niaga Roda Tiga, APPKTM Mulai Pakai Cara Online

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 28 Juni 2016 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 28 15 1427062 jual-motor-niaga-roda-tiga-appktm-mulai-pakai-cara-online-Rrubh6xfua.jpg Produsen motor niaga APPKTM rambah sistem penjualan online (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Asean Motor International (AMI) selaku agen pemegang merek (APM) sepeda motor APPKTM kini mulai menggunakan cara online dalam memasarkan produk-produknya, yakni motor niaga beroda tiga maupun dua. Pemesanan dilakukan melalui situs merek tersebut.

Direktur Marketing AMI Willy W Yaputra menuturkan, cara online dipilih sebagai upaya perusahaannya menyesuaikan dengan sistem pasar saat ini. Pembelian barang, termasuk produk automotif, secara online semakin lama terus meningkat.

“Berdasarkan penelitian, sekarang sekira 30 persen dari pembelian produk dilakukan secara online. Sudah mulai ada pergerseran, terutama di kota-kota besar," terang Willy di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, cara online dianggap lebih efektif dan praktis karena konsumen tidak perlu lagi pergi ke showroom untuk melihat produk. Cukup melihat di internet, semua informasi mengenai spesifikasi produk sudah tersedia.

"Sekarang bisa tinggal pesan dari rumah, tidak perlu lagi bermacet-macetan di jalanan. Apalagi di kota-kota besar. Kalaupun ada yang ingin ditanyakan mengenai produk yang diinginkan, kami juga siap sedia. Ada nomor telefon yang bisa dihubungi. Petugas akan memberikan penjelasan mengenai produk. Jadi konsumen tidak perlu khawatir soal informasi," tambah dia.

Selain itu, lanjut Willy, sistem pembelian online bisa dilakukan di mana saja di Indonesia. Dengan begitu tidak ada hambatan lagi bagi konsumen dalam mendapatkan produk. Ia menegaskan, APPKTM sudah memiliki perwakilan cabang di hampir semua provinsi di Indonesia dengan sekira 100 outlet pendukung di kota-kota besar.

AMI saat ini memasarkan berbagai produk motor beroda tiga dan dua merek APPKTM, yakni 150, 200, dan 400 cc. Target market perusahaan yang berkantor di Jalan Samanhudi, Jakarta Pusat, ini adalah kalangan usaha kecil menengah, minimarket, instansi pemerintah, dan perorangan. Kontribusi penjualan fleet masih mendominasi penjualan keseluruhan APPKTM.

Kontribusi penjualan terbesar untuk segmen niaga dari APPKTM adalah motor roda tiga 150 cc yakni mencapai 55 persen dan 200 cc mencapai sekira 40 persen. Sisanya disumbang motor 400 cc mesin diesel. Sementara di roda dua, motor trail juga menyumbang penjualan yang cukup tinggi yakni mencapai 30 persen.

Produk-produk APPKTM dirakit di Indonesia dengan kandungan lokal sekira 15 persen. Sebagian besar komponen motor-motor tersebut masih didatangkan dari China.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini