Share

BI Prediksi Inflasi Juni Terendah Selama Ramadan

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Selasa 28 Juni 2016 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 28 20 1427013 bi-prediksi-inflasi-juni-terendah-selama-ramadan-UZ5Pi2UXAw.gif Ilustrasi : Okezone
A A A

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju inflasi pada Juni di kisaran 0,56 persen (month-to-month). Adapun pemicunya adalah berupa tekanan yang sebagian besar timbul akibat kenaikan harga bahan pokok.

Meski begitu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengatakan, jika laju inflasi pada Juni akhirnya hanya berkisar 0,5 hingga 0,6 persen, maka angka ini merupakan angka laju inflasi terendah selama momentum Ramadan dalam kurun beberapa waktu tahun terakhir.

"Jadi, kalau memang inflasi bulan Juni ini hanya sekitar 0,5-0,6 persen, maka ini adalah inflasi terendah di dalam beberapa tahun terakhir selama masa Ramadan," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (28/6/2016.)

 [Baca juga: BI Perkirakan Inflasi Juni 0,56%]

Menurut Mirza, laju inflasi 0,56 persen itu bisa saja berindikasi pada penurunan daya beli masyarakat. Akan tetapi di sisi lain, harus dilihat juga upaya pemerintah untuk mengendalikan inflasi sudah jauh lebih baik.

"Koordinasi yang dilakukan pemerintah pusat daerah untuk penambahan suplai dari barang untuk pengendalian harga, pangan juga sudah lebih baik," jelasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini