Share

Menkeu Masih Rahasiakan Lokasi Pulau Tax Haven Indonesia

Danang Sugianto , Okezone · Selasa 28 Juni 2016 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 28 20 1427677 menkeu-masih-rahasiakan-lokasi-pulau-tax-haven-indonesia-nU4kw0xqAR.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah berwacana untuk menjadikan Indonesia sebagai surga pajak atau tax haven. Rencananya pemerintah bakal memilih salah satu pulau untuk dijadikan wilayah tax haven.

Namun Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro masih merahasiakan di mana lokasi yang dibidik pemerintah untuk dijadikan wilayah tax haven.

"Di suatu pulau di wilayah RI, yang pasti di pulau bukan di laut," tegasnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

(Baca Juga: Menkeu Yakinkan Tax Haven Legal)

Bambang menjelaskan, alasan pemerintah untuk mendirikan tax haven lantaran cukup banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki bisnis di luar negeri. Hal tersebut dilakukan demi menghindari pajak di dalam negeri.

"Selama ini mereka gunakan surga pajak di tempat lain atau OFC (Offshore Financial Center) di tempat lain sebagai basis. Kita ingin mereka memindahkan basisnya ke Indonesia dalam bentuk yang mirip OFC tapi dalam wilayah NKRI," imbuhnya

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini