Share

Sosialisasi Sistem Ganjil Genap, Arus Lalin Bundaran HI-Sudirman Padat

Salsabila Qurrataa'yun , Okezone · Selasa 28 Juni 2016 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 28 338 1427009 sosialisasi-sistem-ganjil-genap-arus-lalin-bunderan-hi-sudirman-padat-l36pPQ3UGF.jpg foto: Salsabila/Okezone
A A A

JAKARTA - Sosialisasi sistem ganjil genap bagi pengendara roda empat telah dimulai hari ini. Adapun sistem ganjil genap tersebut muncul sebagai pengganti sistem 3 in 1 yang dinilai Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kurang efektif.

Penerapan sistem ganjil genap hanya sementara. Pasalnya ini merupakan kebijakan transisi menjelang sistem penerapan electronic road pricing (ERP) yang membutuhkan waktu untuk penyediaan dan pembangunan infrastrukturnya.

Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansyah mengatakan, sosialisasi kebijakan ganjil genap dimulai hari ini 28 Juni hingga 26 Juli 2016. Sedangkan masa uji cobanya dilakukan pada 27 Juli hingga 26 Agustus 2016 dan pemberlakuan mulai 30 Agustus 2016.

"Nanti kalau sudah diberlakukan sistem ini, akan ada pengawasan di beberapa titik ruas Ibu Kota. Pengawasan tersebut dilakukan secara random," kata Andri di Bunderan HI, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2016).

Sementara itu, penentuan ganjil-genap adalah pada angka terakhir nomor polisi kendaraan. Angka nol (0) dianggap genap. Untuk angka terakhir ganjil maka kendaraan boleh beroperasi pada tanggal ganjil, sedangkan angka genap untuk tanggal genap.

Aturan ganjil genap diberlakukan dari Senin sampai dengan Jumat. Sedangkan waktu dibagi menjadi dua, yakni pukul 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

Area pemberlakukaan sosialisasi sistem ganjil genap yakni di kawasan Bundaran Patung Kuda, Simpang Bank Indonesia, Simpang Sarinah, Bundaran HI, Simpang Imam Bonjol, Bundaran Senayan, Simpang CSW, dan Simpang Kuningan.

Sementara itu, dari pantauan Okezone, arus lalu lintas di Bunderan HI menuju Sudirman terpantau padat. Sedangkan untuk Bunderan HI menuju Monas, ramai lancar. (RIS)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini