Share

Jamaah Naqsabandiyah Putuskan Lebaran 4 Juli 2016

Rus Akbar , Okezone · Selasa 28 Juni 2016 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 28 340 1427574 jamaah-naqsabandiyah-putuskan-lebaran-4-juli-2016-HrloTjgBPV.jpg Jamaah Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat melaksanakan salat tarawih (Rus Akbar/Okezone)
A A A

PADANG – Jamaah tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat akan merayakan hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah pada Senin 4 Juli 2016. Mereka akan mengakhiri puasa Ramadan setelah genap 30 hari sejak ditetapkannya 1 Ramadan pada 4 Juni 2016.

“Kita akan merayakan Hari Kemenangan kita pada 4 Juli nanti yang jatuh pada hari Senin mendatang. Genap 30 hari kita melakukan puasa,” kata Sekretaris Naqsabandiyah Masjid Baitul Makmur Pauh, Padang, Edizon Revindo kepada Okezone, Selasa (28/6/2016).

Dalam penentuan Ramadan dan Lebaran, jamaah tarekat Naqsabandiyah merujuk pada kalender Hisab Munjid sesuai yang telah diajarkan kepada murid Rasulullah di Arab. Sehingga tak heran, jika mereka lebih cepat berpuasa dan berlebaran dibanding Muslim lainnya yang menunggu keputusan pemerintah.

“Jadi pada Minggu (3 Juni) malam kita sudah melakukan malam takbiran bersama-sama dengan jamaah lainnya,” tuturnya.

(Baca juga: Jamaah Naqsabandiyah Mulai Salat Tarawih)

Tarekat Naqsabandiyah Pauh dipimpin seorang guru bernama Syafri Malin Mudo atau akrab disapa Buya Piri. Pada Ramadan kali ini biasanya di masjid tersebut sering kedatangan jamaah tarekat Naqsabandiyah dari luar kota seperti Solok, Agam, Bukittinggi dan lainnya. Mereka mengadakan ritual suluk di sana.

Suluk dilakukan di musala dengan bermunajat dan berzikir siang-malam saat Ramadan. Suluk bahkan ada yang dilakukan berbulan-bulan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Pelaksaan suluk tergantung tingkatan. Bagi pemula hanya membaca ayat-ayat Alquran, salat serta berzikir 40 sampai 60 hari. Jika tahap pertama sudah selesai, maka limit waktu sulut bisa ditambah 20 hingga 10 hari lagi. Ini salah satu metode untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. “Ini dilakukan selama bulan Ramadan,” pungkas Edizon.

 

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini