Share

Pesona Lebaran, Arief Yahya Ajak Masyarakat Indonesia Liburan Berkualitas

Johan Sompotan, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2016 01:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 28 406 1426864 pesona-lebaran-arief-yahya-ajak-masyarakat-indonesia-liburan-berkualitas-A7aP8NvAB8.jpg Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto: Okezone)

TUJUH Hari lagi lebaran tiba, momentum ini dimanfaatkan Kementerian Pariwisata untuk digunakan dengan baik demi menikmati keindahan Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik liburan hari raya Lebaran 2016 atau Idul Fitri 1437 Hijriah bersamaan dengan musim liburan sekolah Juni-Juli tahun ini.

Baginya, masyarakat dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk liburan bersama keluarga. “Pesona Lebaran 2016 dapat dimanfaatkan sebagai liburan keluarga agar lebih berkualitas,” katanya di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Untuk memanfaatkan momentum liburan hari raya Lebaran 2016 menjadi liburan keluarga yang berkualitas, Kemenpar membuat panduan paket Pesona Lebaran 2016 di kota-kota di Jawa dan di luar Jawa-Bali.

Masyarakat ketika berlibur ke destinasi dapat memanfaatkan secara maksimal dengan mengunjungi destinasi unggulan antara lain berupa; obyek sejarah, budaya, taman hiburan, maupun kuliner yang ada di daerah tersebut.

“Kalau kita mengunjungi suatu daerah, sebaiknya 1 sampai 10 titik sebagai Pesona Lebaran 2016 ini jangan sampai dilewatkan,” kata Arief Yahya.

Arief Yahya memberikan contoh kalau Lebaran di Surabaya, Jawa Timur jangan lewatkan mengunjungi 7 destinasi unggulan (antara lain House of Sampoerna, Kampung Arab Sunan Ampel, Jembatan Suramadu), mencicipi 7 kuliner (antara lain; rawon, rujak cingur, tahu campur), serta 7 simbol Kota P ahlawan (antara lain; tugu pahlawan, museum WR. Soepratman, Monumen Jalesveva Jayamahe).

"Tinggal akses dan amenitas yang harus terus didorong berkembang. Tetapi atraksi yang hebat, sudah menjadi modal yang kuat untuk memajukan pariwisata," bebernya.

Pria yang ramah senyuman ini berharap dapat diikuti daerah lain agar destinasi unggulan mereka lebih dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan, utama pada saat musim liburan hari raya (Lebaran, Imlek, Natal dan Tahun Baru) serta musim liburan sekolah yang mendorong pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) serta mendatangkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang tahun ini mentargetkan 12 juta wisman dan 260 juta pergerakan wisnus di Tanah Air.

Paket Pesona Lebaran 2016 antara lain; Aceh, Banten, Bintan, Cipanas, Cirebon, Geopark Ciletuh, Jakarta, Jatim, Jepara, Jogya, Kudus, Labuhan Bajo, Solo, Sukabumi, Sumbar, Surabaya, Tasik, Tegal, Semarang, Bogor, dan Pekalongan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini