Share

Tertunda, Crossover Fiat 500X Baru Bisa Masuk Indonesia Tahun Depan

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 30 Juni 2016 00:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 29 15 1428365 tertunda-crossover-fiat-500x-baru-bisa-masuk-indonesia-tahun-depan-659WDubHPk.jpg Fiat 500X akan masuk Indonesia pada 2017 (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kabar mengenai kehadiran crossover Fiat 500X di Indonesia sudah santer terdengar sejak 2015. Namun sampai saat ini mobil pesaing Mini Countryman itu belum juga menunjukkan batang hidungnya.

CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah menjelaskan, tertundanya Fiat 500X masuk ke Indonesia tidak lepas dari strategi baru yang diterapkan prinsipal Fiat Chrysler Automobile (FCA). Sehingga, pihaknya harus menunggu hingga kuartal I-2017 untuk mendatangkan mobil tersebut.

"Terus terang, untuk Fiat 500X masih belum bisa sampai kuartal I tahun depan. Jadi, dari lima brand FCA yang kami pegang, yaitu Chrysler, Jeep, Dodge, Fiat, dan Alfa Romeo. Saat ini prinsipal sedang menata ulang, yang mana yang menjadi merek global dan yang mana yang menjadi merek domestik (Amerika). Contohnya Chrysler sudah dijadikan merek untuk Amerika. Kalau di Eropa Chrysler namanya Lansia. Begitu pula dengan Dodge sudah diputuskan menjadi sportcar hanya untuk pasar Amerika," papar pria yang akrab disapa Memet itu, belum lama ini.

Ia melanjutkan, mobil merek FCA yang sudah jelas menjadi brand internasional adalah Jeep. Selain itu, prinsipal juga memutuskan untuk mendahulukan Alfa Romeo sebagai merek global. Sementara Fiat difokuskan untuk menggarap pasar Eropa.

"Yang dicalonkan menjadi produk global ternyata Alfa Romeo dulu, bukan Fiat. Untuk Fiat sendiri saat ini masih fokus di Eropa untuk pengembangannya. Jadi kami belum bisa me-launching 500X," tambah Memet.

Faktor lain, lanjut dia, pihaknya masih mencari harga yang cocok untuk memasarkan 500X di Indonesia. “Dari segi pricing-nya juga belum bisa masuk. Kemudian dari segi spesifikasinya juga. Jadi ada banyak hal yang belum bisa kami kombinasikan sampai sekarang," terang dia.

Namun untuk roda empat, Garansindo masih memiliki merek Jeep. Mobil Amerika tersebut akan ditonjolkan Garansindo setidaknya dalam dua tahun mendatang.

"Tapi untuk Jeep sendiri, seperti kita sama-sama tahu, dalam dua tahun nanti, yaitu 2016, 2017, 2018, akan memiliki produk baru yang sangat banyak," kata Memet.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini