Share

Erdogan: Bom di Bandara Bertujuan Merusak Turki

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Rabu 29 Juni 2016 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 29 18 1428036 erdogan-bom-di-bandara-bertujuan-merusak-turki-exdnBf3J8j.jpg Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut serangan bom di bandara bertujuan merusak negaranya (Foto: Presidential Palace/Reuters)
A A A

ISTANBUL – Bandara Internasional Ataturk, Istanbul, Turki, mendapat serangan teror bom pada Selasa 28 Juni 2016 malam waktu setempat. Sedikitnya 36 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat insiden yang terjadi di terminal kedatangan internasional tersebut.

(Baca juga: Penembakan dan Serangan Bom di Bandara Turki Tewaskan 10 Orang)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut tujuan serangan teror bom ini adalah untuk merusak negaranya dengan membunuh orang-orang tidak berdosa.

“Sangat jelas bahwa serangan ini tidak ditujukan untuk mencapai hasil tertentu, melainkan membuat propaganda melawan negara kita dengan menggunakan darah dan penderitaan orang-orang tidak berdosa,” ujar pria berusia 62 tahun itu dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip dari ITV, Rabu (29/6/2016).

Pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) itu berharap seluruh dunia menunjukkan sikap tegas untuk melawan kelompok teroris usai serangan tersebut.

Sejauh ini penyelidikan awal menunjukkan pelaku berjumlah tiga orang dengan berpakaian serbahitam. Mereka terlibat baku tembak dengan polisi sebelum meledakkan diri di terminal kedatangan internasional.

(Baca juga: Pelaku Bom Bunuh Diri Menggunakan Pakaian Serbahitam)

Investigasi awal juga menunjukkan kelompok militan ISIS bertanggung jawab atas serangan tersebut. Serangan yang terjadi pada Selasa 28 Juni 2016 itu menandai deklarasi dua tahun kekhalifahan ISIS di Irak dan Suriah pada 29 Juni 2014.

(Baca juga: Bom di Bandara Turki, Perayaan Dua Tahun Deklarasi Khalifah ISIS)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini