Share

Kembangkan Perikanan dan Migas di Natuna, Ini Arahan Jokowi

Hendra Kusuma , Okezone · Rabu 29 Juni 2016 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 29 320 1428340 kembangkan-perikanan-dan-migas-di-natuna-ini-arahan-jokowi-XGF30rEVPf.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan potensi ekonomi kepulauan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Jokowi memfokuskan Natuna untuk dikembangkan industri perikanan dan kedua adalah industri minyak dan gas (migas).

Terkait dengan industri perikanan, Jokowi mengaku, produksi di sektor kelautan dan perikanan di Natuna hanya sebesar 8,9 persen dari potensi yang dimiliki Indonesia.

"Oleh sebab itu, ini juga kita dorong agar proses produksi bisa segera dilakukan," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

 (Baca Juga: Bahas Potensi Ekonomi Natuna, Jokowi Pimpin Rapat di Atas Kapal Perang)

Sedangkan di sektor migas, kata Jokowi, terdapat 16 blok migas yang belum seluruhnya berproduksi. Di mana, baru lima blok yang berproduksi. Sementara tujuh blok masih dalam status eksplorasi, dan empat blok masih dalam proses terminasi.

"Oleh sebab itu, ini juga kita dorong agar proses produksi bisa segera dilakukan," tambahnya.

Selain dua sektor tersebut, Jokowi juga ingin menekankan sektor pertahanan pada wilayah Kepualauan Natuna, yang tujuannya untuk menjaga kedaulatan Indonesia.

"Natuna sebagai pulau terdepan di dalam ratas yang lalu telah saya perintahkan TNI AL, Bakamla agar meningkatkan patroli dan penjagaan di kawasan Natuna. Juga infrastruktur dibangun, diperbaiki, saya kira juga perlu segera dimulai," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini