Share

Daftar Obwis Non Candi di Magelang untuk Mengisi Liburan Lebaran

Agregasi Kedaulatan Rakyat, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2016 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 29 406 1428479 daftar-obwis-non-candi-di-magelang-untuk-mengisi-liburan-lebaran-fsJG2uuWkw.jpg Punthuk setumbu, salah satu objek wisata alam di Magelang (foto: istimewa)

MALANG – Candi Borobudur dan candi lainnya sudah menjadi ikon Kota/Kabupaten Magelang. Borobudur disebut sebagai 'Mahakarya Budaya Dunia' karena sudah menjadi bangunan warisan budaya yang tercatat di UNESCO sehingga diproyeksikan mendatangkan 2 juta wisman.

Atraksi berupa peninggalan budaya ini sudah berkelas dunia. Tidak ada yang lebih hebat dari Borobudur. Tetapi ekosistem pariwisatanya harus dibangun. Berikut destinasi wisata lain selain candi yang tetap menarik dikunjungi di Magelang.

1. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit setinggi 400 m mdpl yang berada di sebelah barat daya Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Lolkasinya berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut yang membuat tempat ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

2. Ketep Pass

Bagi anda yang tidak terbiasa naik gunung namun ingin menikmati keindahan pemandangan ala puncak gunung, anda bisa datang ke Ketep Pass yang ada di Magelang. Lokasinya yang berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, membuat anda bisa dengan jelas menikmati kegagahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan.

Di tempat ini juga terdapat vulkano theater, atau bisa disebut bioskop mini yang memutar film dokumenter aktifitas gunung merapi dari tahun ke tahun dan juga dokumentasi beberapa letusan gunung merapi terdasyat yang pernah terjadi.

3. Curug Silawe

Curug Silawe adalah salah satu Tempat Wisata Alam di magelang yang wajib anda kunjungi. Curug ini terletak di kaki gunug Sumbing tepatnya di daerah Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Dibawah air terjun setinggi 60 meter ini terdapat sebuah kolam kecil yang terbentuk akibat hempasan air dari air dari Curug Silawe. Karena tidak terlalu dalam, anda bisa bermain air dengan nyaman di bawah air terjun Silawe.

4. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit berada di kaki Gunung Telomoyo yang merupakan perbatasan antara kabupaten Semarang, kota Salatiga serta Magelang. Air terjun dengan ketinggian 25 meter ini bakal membuat anda merasa betah karena keindahan alam yang disuguhkannya. Nah, air terjun ini juga sangat erat kaitannya dengan dongeng Jakatarub yang terkenal itu.

Konon, di sinilah tempat mandi para bidadari dari kayangan yang kemudian salah satunya tak bisa kembali ke kayangan lantaran selendangnya dicuri oleh Jakatarub.

5. Grojogan Kedung Kayang

Grojogan Kedung Kayang merupakan air terjun setinggi 40 meter yang ada di lereng gunung merapi. Lokasinya berada di perbatasan antara dua kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang, dengan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Suguhan batuan cadas d i sekitar air terjun ini, akan membuat anda merasa seakan berada di dunia lain.

6. Grenjengan Kembar

Air terjun yang satu ini lokasinya masih sangat tersembunyi. Lokasinya tepat berada di kaki gunung Merbabu. Keindahan alam yang indah dan suasana yang masih sepi lantaran masih belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, akan membuat anda bisa menikmati ketenangan selama berada di tempat ini.

7. Arung Jeram Kali Progo Atas

Nah, bagi anda penggila adrenalin, wajib hukumnya untuk merasakan sensasi arung jeran di Kali Progo Atas. Jeram-jeram yang ada di sungai ini masuk dalam kelas III dan kelas III+, yang bisa dibilang tidak terlalu menakutkan bagi para pemula.

Sambil menikmati derasnya air sungai, anda bisa menikmati pemandangan dari atas perahu karet. Karena pemandangan yang ditawarkan Kali Progo Atas juga sangat sayang untuk dilewatkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini