Share

Kapan Harus Khawatir dengan Rambut Rontok?

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2016 10:30 WIB
$detail['images_title']
Rambut rontok pertanda alami gangguan kesehatan (Foto: Womenshealthmag)

RAMBUT rontok adalah hal yang wajar terjadi pada kita. Tapi, seberapa banyaknya rambut rontok bisa menjadi kekhawatiran. Lalu seberapa banyak tepatnya rambut rontok yang normal?

Disampaikan Anabel Kingsley, trichologist atau ahli kulit kepala, rata-rata orang kehilangan antara 60 sampai 100 helai rambut per hari. Rontoknya rambut bisa karena berbagai hal, mulai dari stres, sakit perut, demam tinggi, atau kesalahan diet.

"Selama sistem tubuh anda lebih sehat dan Anda dapat merawat diri, rambut rontok tidak akan menjadi kekhawatiran," kata Kingsley. Rambut Anda akan berhenti rontok dengan sendirinya dan akan tumbuh kembali seperti biasa.

Jika Anda tidak mencuci rambut lebih sering daripada hanya sekali atau dua kali seminggu, Anda akan lebih banyak menemukan rambut rontok ketika Anda mencuci rambut. Kerontokan rambut juga kadang-kadang itu juga bisa disebabkan genetik.

Lalu, kapan sebaiknya Anda khawatir? Jika kerontokan rambut yang berlebihan terus terjadi selama lebih dari tiga bulan, konsultasikan masalah Anda ke dokter kulit atau trikologis, kata Kingsley. Rambut rontok kronis dapat menandakan sesuatu yang tidak beres secara internal.

Penyebab paling umum kehilangan rambut jangka panjang adalah kekurangan zat besi, vitamin D, dan vitamin B12, serta komplikasi hipo atau hipertiroid. Memperbaiki masalah yang mendasari dapat membantu mengembalikan rambut Anda. Demikian seperti dilansir dari Womenshelathmag.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)