Share

1,2 Juta Kendaraan Diprediksi Lintasi Suramadu saat Musim Mudik

Syaiful Islam , Okezone · Rabu 29 Juni 2016 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 29 519 1428098 1-2-juta-kendaraan-diprediksi-lintasi-suramadu-saat-musim-mudik-x2hBQCGaew.jpg Foto: Antara
A A A

SURABAYA – PT Jasa Marga selaku operator Tol Jembatan suramadu, memprediksi jumlah kendaraan yang melintas di Suramadu akan mencapai 1.210.902 unit saat Lebaran 2016. Angka tersebut lebih tinggi 5 persen dari Lebaran tahun lalu.

Untuk Lebaran 2015, volume lalu lintas di Suramadu sebanyak 1.153.231 kendaraan. Adapun rinciannya untuk roda empat 328.139 unit, sedangkan untuk roda dua sebanyak 825.092 unit.

“Kami memprediksi bakal ada peningkatan sekitar 5 persen kendaraan yang melintas di Suramadu saat arus Mudik dan Balik Lebaran nanti, dibandingkan Lebaran kemarin,” terang Kepala Gerbang Tol Jembatan Suramadu, Mujiono, Rabu (29/6/2016).

Pihaknya memprediksi, peningkatan kendaraan terjadi lantaran animo masyarakat sangat tinggi menyeberang di Suramadu. Apalagi tarif untuk mobil pribadi turun 50 persen, yang sebelumnya Rp30 ribu sekali jalan menjadi Rp15 ribu sekali jalan.

Sementara untuk sepada motor yang sebelumnya Rp3.000, kemudian digratiskan oleh pemerintah. Dirinya memprediksi peningkatan volume kendaraan akan terjadi mulai H-3 hingga H-1 Lebaran.

“Jika terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk sepeda motor, maka akan ditambah satu lajur untuk mengurai kemacetan di pintu masuk suramadu. Sehingga akan menjadi tiga lajur untuk roda dua,” ungkapnya.

Untuk memantau kelancaran arus mudik dan balik Lebaran, pihaknya telah memasang sejumlah kamera CCTV di sudut-sudut tertentu pada Jembatan Suramadu. Selain itu, juga untuk mengantisipasi adanya tindakan kriminal.

“Kami juga menyiapkan satu mobil derek. Bagi pemudik yang melintas di suramadu diimbau selalu waspada dan berhati-hati, serta patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Supaya selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini