Share

Hubungannya Membaik, Rusia Turut Berduka atas Bom Bandara Turki

Emirald Julio , Okezone · Kamis 30 Juni 2016 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 18 1429577 hubungannya-membaik-rusia-turut-berduka-atas-bom-bandara-turki-WKdVIyrFDO.jpg Warga Rusia membawa sekuntum bunga mawar yang melambangkan ikut berduka atas serangan bom Bandara Ataturk (Foto: Xinhua)
A A A

MOSKOW – Tampaknya sudah mulai terlihat indikasi hubungan antara Rusia dan Turki membaik di mana warga Negeri Beruang Merah dilaporkan ikut berduka atas serangan bom bandara Turki yang menyebabkan 42 orang tewas.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Presiden Recep Tayip Erdogan sudah meminta maaf kepada Presiden Rusia Vladimir Putin atas tragedi ditembak jatuhnya pesawat bomber Negeri Beruang Merah oleh Angkatan Udara Turki pada 2015.

Permintaan maaf melalui surat ini menjadi indikasi pertama kedua negara sudah mulai saling meruntuhkan ego untuk memperbaiki hubungan. Namun, justru serangan bom di Bandara Ataturk, Istanbul yang menjadi pondasi kedua negara untuk sepakat memerang terorisme dan menjadi kesepakatan pertama setelah sekian lama kedua negara dalam kondisi hubungan yang meregang.

Selain dari tingkat pemerintah, indikasi membaiknya hubungan kedua negara juga terlihat dari warga Negeri Beruang Merah yang ikut berduka atas serangan bom di Bandara Ataturk.

Sebab pada 29 Juni 2016, tidak lama serangan bom tersebut terjadi banyak warga Rusia yang mengunjungi Kedutaan Besar Turki di Moskow untuk memberikan penghormatan kepada para korban yang jatuh akibat serangan teroris yang menyebabkan 42 orang tewas tersebut.

“Kami turut berduka cita bersama warga Turki. Terorisme tidak memiliki tempat di dunia modern,” tulis spanduk yang dipegang oleh para mahasiswa serta aktivis yang ikut berbela sungkawa atas serangan bom bandara Turki, sebagaimana dikutip dari Pravda, Kamis (30/6/2016).

Selain itu, Putin juga telah memberikan simpatinya terhadap para warga Turki terkait serangan teroris di Istanbul.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini