Share

Pemadaman Listrik Terus Dikeluhkan

Koran SINDO , Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 320 1429156 pemadaman-listrik-terus-dikeluhkan-aVTFDURdAj.jpg (Foto: Okezone)
A A A

PALEMBANG - Janji PT PLN (Persero) yang memastikan tidak ada pemadaman listrik saat bulan Ramadan, ternyata belum terpenuhi.

Buktinya, sejumlah pelanggan masih mengeluhkan pemadaman dalam beberapa hari terakhir ini. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel Indra Zuardi mengatakan, laporan keluhan pelanggan terhadap pemadaman listrik memang termasuk tinggi. Pelayanan dari perusahaan negara terutama saat masyarakat menjalankan puasa atau hingga menjelang Lebaran, harusnya dioptimalkan.

“Jika masih padam, tentu PLN belum sanggup memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggannya. PLN belum mampu mensikapi kebutuhan konsumsen yang menginginkan listrik tetap menyala, terutama di saat beribadah,” ujarnya.

Menurutnya, PLN belum memiliki antisipasi yang cepat terhadap kerusakan. Selain itu, pemadaman dalam waktu yang lama sebaiknya diinformasikan dengan segera kepada masyarakat yang menjadi pelanggan PLN. Sehingga pemadaman dapat diantisipasi dengan cepat. “Intinya sederhana, masyarakat tidak ingin listrik padam. Jika padam, hendaknya diberitahukan. Dan jika padam karena post major harusnya diantisipasi dan dapat ditanggulangi dengan cepat,” ucapnya.

Kondisi darurat (force major), kata Indra, juga memiliki kategori tersendiri. Seperti gangguan listrik yang cukup lama akibat bencana alam atau lainnya. Selain itu, gangguan dalam waktu yang lama juga disertai dengan penanggulangan yang lebih cepat dari PT PLN (Persero). “PLN b elum siap menjawab hak pelanggan. Ombudsman menaruh perhatian agar PLN juga mengendepankan pelayanan dengan baik. Terakhir yang mengecewakan juga saat pelaksanaan UN di salah satu sekolah di Palembang. Hal-hal ini sebenarnya sangat merugikan,” ujarnya.

Keluhan pemadaman diutarakan warga Sukarami, Ishak, 34. Pemadaman terjadi di pemukimannya terjadi Selasa 28 Juni 2016 sekitar pukul 20.00 WIB. Akibatnya, kegiatan ibadah di masjid di dekat rumahnya terganggu. Menurutnya, PLN belum berhasil memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan selama bulan Ramadan.

“Katanya tidak ada pemadaman selama puasa, buktinya masih ada listrik yang padam. Jika PLN berjanji tidak ada pemadaman, namanya itu hanya janji saja,” katanya.

Keluhan yang sama disampaikan warga Sei Pinang, Idrom, 36, dia mengatakan, listrik padam di rumahnya berlangsung lebih dari dua jam. Pemadaman listrik yang terjadi di waktu menjelang makan sahur sangat menanggu dan tidak membuat nyaman.

“Kecewa sekali, listrik padam di malam dan siang hari. Malam sudah padam, siang juga padam. Padahal, katanya bakal tidak ada pemadaman lagi,” ucapnya.

Dia berharap PLN dapat memberikan pelayanan bagi pelanggan dengan maksimal. Pemadaman di saat bulan puasa, apalagi menjelang Lebaran, membuat pelanggan merasa tidak mendapatkan pelayanan terbaik dari perusahaan penyedia listrik tersebut. “Setiap tahun listrik padam disaat berpuasa. Nampaknya, permasalahan listrik ini tidak ditanggulangi dengan cepat, seperti halnya upaya percepatan pembangunan yang menjadi jargon pemerintah,” katanya.

 [Baca juga: 700 Dusun di Kalbar Belum Dialiri Listrik]

Menanggapi keluhan ini, Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN WS2JB Lilik Hendro Purnomo mengatakan, pe madaman yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir akibat gangguan teknis. Dijelaskan dia, pemadaman yang dilakukan guna pemeliharaan berkala dan akan diberitahukan terdahulu bagi pelanggan. Biasanya, pemadaman yang terjadi dengan tidak terencana memang mem butuhkan perbaikan dengan waktu pengerjaan yang sulit diprediksi.

“Istilah padam dan pemadaman berbeda. Jika pemadaman, itu direncanakan PLN, misalnya pengerjaan pemeliharaan pada titik tertentu. Namun jika padam akibat gangguan tertentu, benar-benar terjadi tanpa direncanakan dan itu butuh waktu pengerjaan,” katanya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini