Share

Menhub Senang Tiket Kapal di Pelabuhan Kumai Dijual Online

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Kamis 30 Juni 2016 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 320 1429798 menhub-senang-tiket-kapal-di-pelabuhan-kumai-dijual-online-D2aI4KKEPL.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

PANGKALAN BUN - Masih dalam rangka cek kesiapan Angkutan Lebaran 2016, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan melakukan tinjauan ke Pelabuhan Kumai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Pada kesempatan kali ini, Jonan mengaku senang mendapati tiket penumpang yang dijual oleh perusahaan pelayaran melalui sejumlah agennya, sudah dijual secara online.

Jonan memandang mekanisme penjualan tiket dengan sistem online ini seperti yang diinginkannya selama ini. Tak lain agar semakin meningkatnya pelayanan angkutan laut di Tanah Air.

"Menurut Pelni dan Darma Lautan Utama, tiketnya sudah dijual online, jadi ini bagus," ujarnya di Pelabuhan Kumai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Kamis (30/6/2016).

(Baca Juga: Jelang Lebaran, Menhub Jonan Cek Kesiapan Pelabuhan Kumai)

Dengan cara itu, kata Jonan, akan jauh lebih efektif ketimbang penumpang harus menyambangi pelabuhan hanya untuk membeli tiket. Terlebih lagi, tidak akan pernah lagi terjadi penumpukan kepadatan bisa mengurai kepadatan penumpang di pelabuhan. Bahkan hingga menganggu ketertiban umum.

"Kalau dijual online, calon penumpang tidak ke sini, terus nanti dapatnya tiga hari lagi atau seminggu lagi. Sudah punya tiket beli online, ya sudah enggak usah ke sini, dia akan ke sini pada saat di mana kapal mau berangkat. Kan lebih enak. Jadi sama-sama lebih efisien," papar dia.

Sekadar informasi, Pelabuhan Kumai yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah ini merupakan pelabuhan kelas IV.

Untuk angkutan penumpang, Pelabuhan Kumai melayani rute Kumai-Surabaya, Kumai-Semarang, dan Kumai-Kendal. Selain kapal penumpang, Pelabuhan Kumai juga melayani kapal ferry RORO (Roll On Roll Off).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini