Share

Satu Tersangka Vaksin Palsu Kembali Ditangkap, Total 17 Orang

Dara Purnama , Okezone · Kamis 30 Juni 2016 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 337 1429154 satu-tersangka-vaksin-palsu-kembali-ditangkap-total-17-orang-IsOglYXfpc.jpg Ilustrasi Penangkapan (Dok: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri kembali menangkap seorang tersangka pada kasus peredaran vaksin palsu. Hingga kini, total ada 17 tersangka dalam kasus yang sedang menyedot perhatian publik ini.

"Tadi informasinya sudah nambah satu lagi tersangka," kata Kapolri Jenderal Badrodin Hairi di Lapangan Polda Metro Jaya, Kamis (30/6/2016).

Penangkapan ini, lanjut Badrodin, berawal dari pengambangan terhadap 16 tersangka terdahulu. "Jadi dari 17 itu, 15 sudah ditahan di Bareskrim, dua sisanya masih belum ditahan karena anak di bawah umur. Perannya kurir yang dua orang ini," kata Badrodin.

(Baca Juga: Jangan Jadikan Kasus Vaksin Palsu Momentum Antivaksin)

Sementara Kabareskrim Irjen Ari Dono Sukmanto mengatakan peran tersangka yang ditangkap itu hanyalah kurir bukan produsen. "Tugasnya hanya kurir," tegas Ari saat mendampingi Kapolri.

‪‪‪Sebelumnya 16 tersangka dalam kasus peredaran vaksin palsu. Mereka adalah J yang memiliki apotek dan toko obat di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Pemilik apotek lain yang ditangkap adalah MF, dia punya apotek di Kramat Jati, Jakarta Timur. Kemudian T dan S yang berperan sebagai kurir.‬

‪Lalu ada HS, H, R, L, dan AP yang berperan sebagai produsen atau pembuat vaksin palsu di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Sedangkan AP biasanya menjalankan bisnis haramnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Kemudian ada tiga distributor yang ditangkap di kawasan Subang, Jawa Barat. Selain itu, polisi juga menetapkan seorang tersangka yang berperan sebagai pencetak label.‬

‪Selain itu, penyidik juga mengamankan sepasang pasutri dari wilayah Semarang, Jawa Tengah berinisial M dan T. Mereka berperan sebagai distributor penjualan vaksin palsu. Terakhir, polisi mengamankan seorang distributor berinisial R di kawasan Jakarta Timur pada Selasa 28 Juni 2016 lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini