Share

Menteri Kabinet Kerja Bayar Zakat di Istana

ant , Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 337 1429158 menteri-kabinet-kerja-bayar-zakat-di-istana-w6Onh9B1eJ.jpg Kabinet Kerja
A A A

JAKARTA - Para menteri Kabinet Kerja dan pejabat eselon I kementerian dan lembaga menunaikan kewajiban membayar zakat di Istana Negara Jakarta, Kamis (30/6/2016).

"Bagus juga para menteri membayar zakat di sini," kata Direktur Koordinasi Zakat Nasional Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Mohd Nasir Tajang.

Nasir mengatakan, ide mengumpulkan menteri dan pejabat eselon I kementerian dan lembaga muncul saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membayar zakat, Selasa 28 Juni 2016, lalu.

Selain Ketua Baznas Bambang Sudibyo, tampak hadir sejumlah menteri, seperti Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mulsidan Baldan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Selain itu, tampak hadir anggota Wantimpres seperti Suharso Monoarfa, Soebagyo HS dan Malik Fadjar.

Acara penyerahan zakat oleh para menteri dan pejabat eselon I kementerian dan lembaga itu kepada Baznas itu dijadwalkan dimulai pukul 09.30 WIB.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo mengatakan, Presiden Jokowi menyampaikan amanah agar zakat yang telah ditunaikan dapat bermanfaat untuk mustahik melalui program-program Baznas.

Ia menyebutkan, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi karena telah menjadi tauladan baik bagi rakyat Indonesia dengan menunaikan zakatnya melalui pengelola zakat yang resmi. Dia berharap, tauladan presiden itu akan menggerakkan hati rakyat yang mampu (telah mencapai nishab) untuk membersihkan hartanya karena di dalamnya terdapat hak orang lain.

Bambang menambahkan, selama 2015, penghimpunan zakat secara nasional tercatat sebanyak Rp3,6 triliun, sedangkan penyaluran cukup efektif sebesar Rp2,2 triliun. Jumlah itu merupakan jumlah dana zakat yang ter dan kota se-Indonesia serta Lembaga Amil Zakat Nasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini