Share

Malam Ini, Hasil Pemeriksaan Vaksin Palsu Diumumkan

Dara Purnama , Okezone · Kamis 30 Juni 2016 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 337 1429483 malam-ini-hasil-pemeriksaan-vaksin-palsu-diumumkan-xClV87L2jq.jpg Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan hasil pemeriksaan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) terkait kandungan yang ada di vaksin palsu akan keluar hasilnya malam ini.

"Belum hasilnya malam ini, BPOM juga, temuan dari Bareskrim, sitaan itu diambil BPOM dan diuji laboratorium. Kami dari Kemenkes ingin tahu betul isinya apa. Karena dari isi ini kita bisa melihat dampaknya kepada yang diberikan. Kemudian BPOM mengatakan malam ini," kata Nila di Kompleks Mabes Polri, Kamis (30/6/2016).

(Baca Juga: Bekasi & Jaktim Jadi Wilayah Peredaran Vaksin Palsu)

Untuk keterlibatan empat rumah sakit di Jakarta dalam kasus vaksin palsu ini, Nila enggan berkomentar. "Nanti kita lihat dari penyelidikan dan pengadilan. Azas praduga tidak bersalah harus kita pegang. Setelah dibuktikan baru kita lihat kesalahannya apa," katanya.

Sejauh ini Kemenkes sendiri belum mengetahui jumlah korban vaksin palsu ini. Kedatangan Menkes ke Bareskrim justru untuk mengatahui daerah mana saja terjadi penyebaran vaksin palsu, sehingga bisa dianalisis siapa saja korbannya.

"Korbannya belum. Tapi tolong ingat vaksin program pemerintah melalui biofarma, masuk ke distributor yang tercatat resmi terus masuk ke Dinas Kesehatan dan diberikan sampai ke Posyandu. Jadi yang mendapatkan vaksin di Puskesmas ini adalah vaksin yang benar," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini