Share

Hindari Makanan Pedas saat Sahur, Ini Dampaknya

Agregasi Boykepedia, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 11:52 WIB
$detail['images_title']
foto: ilustrasi

JAKARTA - Rasa pedas sebenarnya memiliki manfaat bagi tubuh kita, seperti memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan jantung, serta mengandung sumber vitamin A, B, C dan E.

Akan tetapi jika makanan pedas dikonsumsi dengan tingkat kepedasan yang tinggi justru akan berbahaya bagi kesehatan.

Jika kamu salah satu penggemar makanan pedas, sebaiknya kurangilah kebiasaan mengonsumsi kudapan pedas secara berlebihan, terlebih saat sahur. Kenapa? Dampaknya akan mengganggu kamu dalam menjalankan ibadah puasa. Berikut beberapa penyakit yang timbul karena memakan kudapan pedas.

Maag atau biasa disebut gastritis disebabkan peradangan dari mukosa lambung (membran yang melapisi perut). Serangan ringan maag terkadang dirasakan sesekali. Namun kebanyakan kita menyangka ini hanyalah gangguan pencernaan sederhana. Maag akut biasanya ditandai dengan gejala seperti mual, muntah, diare, demam, serta sakit kepala.

Tukak lambung

Makanan pedas dapat menyebabkan luka pada lapisan mukosa yang sensitif atau pada usus kecil yang biasa disebut duodenum (ulkus duodenum), atau juga di esofagus (ulkus kerongkongan). Tukak lambung yang menyakitkan biasanya menyebabkan rasa terbakar di perut, muntah, mual, dan penurunan berat badan.

Refluks Asam

RA (Refluks Asam) merupkan salah satu penyakit yang menyebabkan kerusakaan dibagian kerongkongan. Penyakit ini menyebabkan isi lambung mengalir kembali dalam kerongkongan. Selain kerusakan kerongkongan, juga akan menimbulkan peradangan dan nyeri.

Insomnia

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan temperatur tubuh yang menyebabkan insomnia (susah tidur). Untuk pencegahan, sebaiknya Anda hindari makan makanan pedas di saat makan malam.

Sakit Kepala

Makan makanan pedas ketika perut kosong akan mengakibatkan kamu terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tersebut.

Kehilangan Nafsu Makan

Makanan pedas masih aman dikonsumsi jika masih dalam batas yang wajar. Kebanyakan orang biasanya makan makanan pedas 3 hingga 4 kali seminggu, terlebih dari itu mereka akan cenderung kehilangan nafsu makan.

Penurunan Berat Badan

Makanan pedas mengakibatkan berat badan semakin menurun. Jadi kurangi atau hilangkan kebiasan memakan makanan yang pedas jika ingin memiliki tubuh agak gemuk untuk kamu yang tergolong kurus.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)