Share

Banyak Rumah Kosong Ditinggal Mudik, Polisi Gencarkan Patroli Bersepeda

Taufik Budi , Sindo TV · Kamis 30 Juni 2016 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 512 1429366 banyak-rumah-kosong-ditinggal-mudik-polisi-gencarkan-patroli-bersepeda-1IDSGM2O1D.jpg Ilustrasi polisi bersepeda (Okezone)
A A A

DEMAK - Petugas Polres Demak akan meningkatkan patroli rutin di permukiman karena banyak rumah ditinggalkan pemiliknya untuk mudik ke kampung halaman. Langkah itu untuk mencegah aksi pencurian rumah kosong yang diperkirakan meningkat selama musim mudik Lebaran 2016.

"Nanti kita giatkan patroli di perumahan-perumahan menggunakan sepeda. Kalau dengan sepeda kan pergerakannya bisa lebih leluasa ketika masuk ke gang-gang sempit. Sementara ini ada enam sepeda yang kita siapkan bagia anggota untuk berpatroli," ujar Kabag Operasional Polres Demak, Kompol Sutomo kepada Okezone, Kamis (30/6/2016).

Menurutnya, kawasan permukiman turut menjadi prioritas perhatian polisi karena diperkirakan banyak ditinggalkan penghuninya untuk pulang ke kampung halaman. Untuk itu, patroli akan digiatkan menjelang arus mudik hingga arus balik usai.

"Terutama pada perumahan-perumahan yang biasanya ditempati oleh pendatang. Lha pas Lebaran gini kan mereka mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga, sehingga banyak rumah yang kosong. Jangan sampai ketika kosong malah menjadi sasaran pencuri," jelasnya.

Selain patroli sepeda, polisi juga menyiagakan personel yang menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat untuk menyisir kawasan objek vital dan permukiman. Menurutnya, patroli rutin itu akan digelar guna mengantisipasi tindak kriminal oleh orang-orang yang memanfaatkan momen Lebaran.

"Total anggota yang diterjunkan untuk Operasi Ramadniya (Ramadan dan Hari Raya) 2016, sebanyak 2/3 anggota Polres Demak. Kita siagakan anggota untuk pengamanan arus mudik dan balik, agar warga merasa aman dan nyaman," tukas mantan Kasubag Humas Polres Demak itu.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini